Skala Prioritas, bagaimana seharusnya?

Di dalam hidup ini kita selalu dihadapkan dengan pilihan dan keputusan. Keputusan berawal tentunya dari sebuah pilihan ya YOTers. Lalu bagaimana kita bisa memilih apabila kita tidak tau yang mana terlebih dahulu yang akan kita pilih dari sekian banyak pilihan yang ada? YOTers semua pasti udah pada tau ya, yap SKALA PRIORITAS!!!

Bagi YOTers yang sudah ahli dalam hal ini pasti bukan lagi suatu hal yang sulit dilakukan yah. Tetapi bagaimana dengan orang yang belum terbiasa melakukannya? Hmm, yang pasti memerlukan pemikiran yang lebih lama ya dalam menentukannya. Nah, disini kita akan share bagaimana sih skala prioritas yang seharusnya.

Pertama: tingkat kepentingannya

Maksudnya adalah ketika kita dihadapkan pada bebrapa hal yang harus kita lakukan, kita harus cermat melihat sisi lain dari setiap hal tersebut da pada kondisi yang tepat.

Kedua: kesempatan yang dimiliki

Maksudnya adalah pada saat ada beberapa pilihan , kita harus melihatnya dari kesempatan yang muncul dari masing-masing pilihan. Misalnya, pada pilihan A ada kesempatan yang muncul apabila kita menyelesaikannya terlebih dahulu dan memberikan kita dua hal sekaligus.

 

Ketiga: pertimbangan masa depan

Maksudnya adalah apabila kita dihadapkan oleh banyak pilihan yang semuanya penting, tentu kita harus melihatnya dari sisi masa depan, apakah yang akan kita dahulukan ini berdampak pada masa depan atau tidak dan seberapa persen adanya pengaruhnya bagi masa depan.

Keempat: kemampuan diri

Maksudnya dalah ketika banyak pilihan yang harus kita pilih, kita harus melihat kemampuan diri kita apakah mampu menjalankan pilihan tersebut. Karena pilihan pertama akan berdampak pada pilihan selanjutnya.

Tapi kesemua hal diatas kembali lagi pada diri setiap orang masing-masing ya YOTers karena kepentingan dan keinginan setiap orang berbeda-beda dan cara pengambilan keputusannya pun berbeda.

Yang terpenting, urutkan segala pilihan yang ada pada skala prioritas karena semua hal itu penting, tinggal bagaimana kita mengatur dan membagi waktu agar semuanya dapat menjadi akala prioritas dengan tidak mengenyampingkan salah satunya.

  




By : Mutia Azmi Nabila

Posted on October 24, 2015 read:97

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter