Sportivitas dan Profesionalitas

Sobat YOTers, belum lama ini saya mendapatkan satu hal yang menarik dari dosen saya. Saat perkuliahan di kelas beberapa hari yang lalu, beliau mengungkapkan suatu hal yang menarik, terkait dengan sportivitas di dunia sepakbola. Beliau mengatakan bahwa "kian hari, sepakbola yang pada awalnya menjunjung sangat tinggi nilai Sportivitas pada akhirnya harus tergeser oleh Profesionalitas. “Dahulu, orang bermain sepakbola untuk memenangkan pertandingan. Mereka masuk ke lapangan, dengan rasa percaya diri, akan sekuat tenaga berusaha memberikan yang terbaik agar tim nya menang."

“Tapi kini, profesionalitas lah yang dijunjung tinggi. Terlihat bahwa kalau zaman sekarang pemain sepakbola gampang pindah-pindah klub untuk gaji yang lebih besar. Sportivitas bukan lagi nomor satu. Semestinya para pemain bola harus junjung tinggi sportivitas.”Kurang lebih itu kata dosen saya.

Sebenarnya, saya pun tidak sepenuhnya setuju dengan hal yang diutarakan dosen saya. Baik sportivitas dan profesionalitas memang penting, dan pantas apabila memang keduanya dijunjung tinggi. Pesepakbola bermain bola for a living, karena memang itulah pekerjaannya. Maka wajar saja mereka menjunjung profesionalitas. Tapi jangan salah juga karena sportivitas pun saya rasa belumlah pudar dari dunia sepakbola. Hal ini terbukti dengan beragam kompetisi sepakbola dunia yang masih berjalan hingga saat ini. Sebagai contoh saja yaitu FA Cup di Inggris, merupakan kompetisi sepakbola tertua di dunia yang meski hadiah kompetisinya tidak seberapa dengan Liga Primer Inggris tapi tetap saja memiliki gengsi tinggi. So, baik sportivitas dan profesionalitas sama-sama penting bagi seorang pesepakbola. Kita pun bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, yang mana berkompetisi dan juga menjadi seseorang yang menekankan profesionalitas agar kita bisa sukses di usia muda.

See You On Top!

Agung Tyanto

YOT Campus Ambassador Batch 6

Universitas Indonesia

@aryhr

 

  




By : Ibnu Putrama Agung Tyanto

Posted on November 21, 2015 read:62

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter