Start Early, Start Smart

Start Early Start Smart

Seperti gambar di atas, dan sesuai dengan judul tulisan ini, kalau mau sukses, YOTers harus berbuat sesuatu untuk mencapai tujuan yang diinginkan, 'sedini' mungkin. 

Disetiap interview majalah yang saya lakukan, hampir setiap jurnalis menanyakan, "Mas Billy, apa sih rahasianya bisa waktu di umur 26 tahun jadi General Manager Oakley; jadi GM Oakley termuda di dunia saat itu?"

Jawaban saya selalu sama dan simple, "Karena saya colong start". Maksudnya apa?

Saya lulus S1 dalam 2 tahun 8 bulan. Saya lanjutin S2, masuk di January 2000, diwisuda di Desember 2000. Jadi, ketika saya lulus S2, pulang ke Jakarta untuk kerja.. umur saya 22 tahun. Ketika itu, semua teman-teman yang lulus SMA-nya bareng, masih kuliah. Ada yang baru lulus S1. 

Dan, ketika saya menjadi GM Oakley di tahun 2005, berarti saya sudah kerja selama 4.5tahun. Nah, inilah 'rahasia'-nya. Di umur 26 tahun, saya sudah punya pengalaman kerja 4.5tahun! Memang bukan semata karena itu, tapi juga karena saya melakukan nilai-nilai yang telah saya share di buku "Young On Top".

Tapi,.. begini,.. kalau saya melakukan nilai-nilai yang ada di buku "Young On Top", tapi saya lulus kuliahnya di umur 24 tahun. Menurut YOTers, saya waktu itu bisa ngga dipercaya untuk menjadi GM di umur 26? Hanya dengan pengalaman 2 tahun, saya rasa 'mustahil'. Oakley bukan perusahaan milik ayah saya, atau milik keluarga loh ya. Saya benar-benar melamar dari koran..

Nah, kalau mau sukses, sebenarnya simple. Start Early, Start Smart. Maksudnya, cobalah untuk mulai mengambil langkah pertama sedini mungkin, dan pastikan bahwa langkah yang kamu ambil itu adalah langkah menuju kesuksesan yang ingin kamu raih. Jangan asal mengambil langkah sedini mungkin, tapi arahnya salah. Ini sama aja buang-buang waktu.

Dari kecil saya ingin menjadi pimpinan perusahaan. Saya suka mengamati merek. Saya ingin kerja di perusahaan yang menangani merek. Saya ingin memimpin perusahaan yang menangani merek. Jadi, kuliah saya pun ambil Business Administration (manajemen), ketika S2 ambil Business Administration dengan fokus-fokus ke Brand Management. Ketika lulus, saya pun tidak asal kirim CV, tapi hanya mengirimkan CV saya ke perusahaan-perusahaan yang menangani merek. Yang satu adalah Guess Watch, yang satu lagi adalah Nike. 

Tau apa yang ingin kamu capai? Do it NOW, do it SMART! Start Early, Start Smart!

See you ON TOP!

Billy Boen

@billyboen

www.facebook.com/billyboenYOT

  




By : Billy Boen

Posted on July 16, 2012 read:1,602

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter