Steps To Be A Good Public Speaker

Hai YOTers,

Apa kabar?

Kali ini saya ingin berbagi tentang apa yang saya dapatkan pada Monthly Meeting di bulan lalu, yakni mengenai 7 cara untuk menjadi Public Speaker yang baik melalui cara cara sebagai berikut ini.

Pertama, just walking the talk. Yakni bawakan materi yang benar benar kita kuasai, pointkan konten atau dengan membuat draft (catatan) ketika presentasi supaya apa yang kita sampaikan bisa dimengerti oleh audiens kita. Selanjutnya kita harus memperhatikan nada, speed, dan tekanan suara kita ya YOTers. Sesuaikan vokal kita dengan kondisi kegiatan, jangan terlalu cepat tetapi cobalah untuk berhenti sejenak dan beri penekanan pada hal yang YOTers anggap penting.

Ketiga, YOTers harus memerhatikan penampilan karena penampilan itu penting. Sebagai seorang Public Speaker, YOTers tidak perlu mencolok tetapi rapih. YOTers juga harus memerhatikan gesture atau body language seperti making an eye contact dengan audiens, gerakkan tangan sewajarnya saja dan tidak dibuat buat. Sebagai seorang Public Speaker, YOTers juga harus menghindari efek gugup dan menyesuaikan mimik wajah YOTers dengan konten yang dibawakan.

Kelima, cobalah YOTers memandang dari audiences’s point of view. Cobalah mencari tahu karakter audiences YOTers. Jangan berasumsi tetapi cobalah untuk berbaur dengan audiens sehingga situasi menjadi tidak terlalu kaku.

Perfect practice makes perfect, konten yang YOTers bawakan hanya 20% untuk membuat YOTers terlihat sebagai seorang Public Speaker yang baik. Sisanya lebih didominasi oleh skill yang YOTers miliki. Berlatihlah sebelum melakukan presentasi dan YOTers jangan pernah ragu untuk meminta masukan dari orang lain. Terakhir yang juga cukup penting, banyak banyaklah membaca karena membaca dapat membuat wawasan dan pengetahuan kita bertambah. Dari membaca kita juga akan mengerti cara untuk memilih kata yang lebih tepat untuk disampaikan.

Nah saya rasa cukup sekian yang dapat saya share, semoga informasi diatas bermanfaat ya bagi YOTers.

See you on top !

 

Regards,

Devina Wulandari

  




By : Devina Wulandari

Posted on November 20, 2015 read:94

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter