Students' Ways to Travel Abroad for Free!

Traveling abroad on a low budget and even free for students? Is it possible? Yes, of course it is! Postingan Saya kali ini terinspirasi dari teman-teman mahasiswa di timeline Instagram Saya yang sering sekali terbang dan menjejakkan kaki di berbagai benua dengan biaya murah atau bahkan gratis! For sure, biaya seharusnya tidak lagi dijadikan alasan dan menjadi masalah utama  mahasiswa untuk pergi ke luar negeri karena traveling ke luar negeri bisa dilakukan dengan bermacam-macam cara ala mahasiswa. Bagaimana mereka bisa melakukannya? Here are the ways:

Cultural Exchange

Setiap tahunnya, pemerintah Indonesia memberikan ribuan beasiswa bagi pemuda-pemudi untuk ke luar negeri selama kurang lebih 3 minggu dalam rangka pertukaran budaya. Jadi, jangan sampai kalian melewatkan kesempatan tersebut. Lakukan yang terbaik agar dapat memenuhi persyaratan yang berlaku di dunia global. Akomodasi dan transport biasanya turut di-cover oleh panitia program cultural exchange, sedangkan biaya tiket pesawat dan visa dapat dibantu oleh universitas. How so? Nama baik universitas tentunya akan ikut terbawa melalui partisipasi kalian di ajang internasional maka kalian dapat menyusun proposal mengenai kegiatan tersebut dan mengajukannya ke universitas untuk memperoleh dukungan. Rajin-rajinlah searching, cek di internet, dan unduh informasi sebanyak mungkin mengenai seleksi pertukaran budaya. 

Study Abroad

Beasiswa tidak hanya untuk pertukaran budaya saja, tetapi pintu beasiswa untuk studi ke luar negeri (S1, S2, S3) juga terbuka lebar. Keuntungannya, periode exchange jauh lebih lama dan bisa mencapai 1 tahun. Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, rata-rata universitas dalam negeri juga telah memiliki kontrak kerjasama dengan universitas di luar negeri. Gunakan kontrak tersebut, hilangkan kekhawatiran kalian mengenai culture shock atau bahasa dan coba beranikan diri untuk apply terlebih dahulu! Kontrak tersebut memungkinkan adanya transfer kredit semester sehingga kalian tidak perlu takut terkait waktu kelulusan yang tertunda dan lebih lama, persepsi itu salah besar. 

Competitions

Di samping menguji bakat dan talenta yang kalian miliki, kompetisi dapat menghantarkan kalian ke luar negeri. Apabila kalian mempunyai hobi menulis (essay, paper, dan lain-lain), fotografi, diplomasi, atau debat, banyak sekali lomba-lomba skala internasional yang dapat kalian ikuti! Tipikalnya, mahasiswa memilih mengikuti summit atau conference sambil berlibur dan menikmati jalan-jalan selama kurang lebih 1 minggu. 

Fly Smart

Banjir promosi dan potongan harga tiket pesawat melanda hari kerja seperti hari Selasa hingga Kamis. Persaingan antar maspakai penerbangan memang semakin ketat. Oleh sebab itu, manfaatkan kondisi tersebut dengan bergabung dalam mailing list maskapai penerbangan seperti AirAsia, Cebu Pacific Air, Jetstar, Citilink, dan Flyscoot yang sering menebarkan promo untuk mendapatkan keuntungan traveling dengan harga minim.

Group Tour Leader

Guru-guru atau dosen terlihat bahagia ketika diminta untuk menemani group trip. Mengapa demikian? Perusahaan travel memberikan free travel atau diskon bagi group leader. That's the reason! Group leader hanya diminta untuk bertanggung jawab mengorganisir siapa saja peserta trip, tujuan trip, dan kapan persisnya keberangkatan. Easy job right

Social Project and Volunteering 

Niat tulus membantu dan melayani orang lain, terlebih di negara lain, akan mengangkat nama kalian sehingga kalian berhak mewakili negara sebagai seorang global citizen yang responsible dan bermanfaat bagi komunitas. Selain itu, kalian juga dapat menambah pengalaman dalam service learning program sebagai volunteer di luar negeri.

Networking

Jalin dan perbanyak hubungan dengan pelajar asing yang berasal dari negara lain. Selain menambah relasi, mereka dapat dijadikan sebagai tour guide pribadi di kala kalian mengunjungi negara asal mereka dan pada umumnya mereka akan dengan senang hati bersedia menyediakan hosting place untuk tempat tinggal selama kalian berada di negara tersebut. We never know, siapa  sangka jika suatu saat nanti kalian mendapatkan tiket gratis karena relasi atau hubungan yang dekat? :P 

Selalu ingat yang paling terpenting adalah you do not need to be rich to travel! Semoga postingan Saya kali ini dapat bermanfaat bagi YOTers, adios!

  




By : Levina Caroline

Posted on November 20, 2015 read:89

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter