SUKSES: Umur Vs. Gender

Dear Friends,

Saya lagi me-review siapa saja fans Young On Top page di Facebook, dan dari statistik geografi, umur, dan gender kita seolah-olah ‘dibiarkan’ untuk mengambil kesimpulan sendiri.

Geografi:
Rank 1 – Jakarta
Rank 2 – Santa Clara, USA
Rank 3 – Cirebon (koq bisa ya? apakah karena my Mom asalnya dari Cirebon?)

Gender:
Male 62%
Female 37%

Umur:
Umur 18-24: 54%
Umur 25-35: 19%

Terlepas dari data statistik berdasarkan geografi, yang lebih buat saya penasaran yang tentang Gender dan Umur. Kenapa ‘yang berhubungan dengan SUKSES secara karir’, masih didominasi oleh kaum pria? Apakah statistik ini bisa menggambarkan kenyataan yang sebenarnya terjadi di masyarakat kita, di mana kaum wanita yang ingin sukses di karirnya masih lebih sedikit dibandingkan dengan kaum pria? Padahal kan jumlah wanita lebih banyak dibandingin sama jumlah kaum pria. Kenapa ya?

Dari segi umur, saya senang melihat bahwa Young On Top fan page ini didominasi oleh range umur 18-24. Kenapa? Karena ini menggambarkan bahwa semakin banyak anak-anak muda yang semakin ingin mempersiapkan dirinya untuk suskes, meski mereka masih kuliah (range umur 18-24 kebanyakan mahasiswa/i, bener kan?). Berandai-andai dari statistik umur ini,…”Kalau makin banyak mahasiswa/i yang terinspirasi dari buku Young On Top, apakah mungkin 10 tahun – 15 tahun lagi Indonesia penuh dengan pemimpin yang memang layak di posisinya? Yang penuh integritas, mampu menjalankan apa yang ditugaskan Bangsa ini?

Di suatu makan malam saya dengan Firmanzah, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, yang masih berumur 33 tahun…, dia bilang “Bill, 10-15 tahun lagi, kalau bukan kamu dan aku yang menjadi pemimpin-pemimpin negara ini, siapa lagi? Apakah kamu siap?”

Hmm, kalaupun bukan berkarir di pemerintahan, apakah nantinya Indonesia akan memiliki banyak CEO kelas Asia atau bahkan kelas dunia? Semoga di generasi kita, kita bisa tunjukkan bahwa dahulu ada seorang Soekarno yang menurut sejarah dunia dia adalah salah satu pemimpin dunia yang penuh kharisma, dan sekarang…ada anak-anak muda yang siap membangun Bangsa ini.

Jangan lewatkan ‘cuap-cuap’ saya dengan narasumber2 yang inspiring di Kis 95.1fm!

Be YOUNG ON TOP, be inspired!

See you ON TOP!
Billy Boen

CEO, PT. Jakarta International Management
Member of Board, Rolling Stone Indonesia
Author & Host Radio Show “YOUNG ON TOP” on Kis 95.1fm (Every Wednesday at 7pm-8pm)

www.facebook.com/youngontop
www.facebook.com/billyboen
www.twitter.com/youngontop

  




By : Billy Boen

Posted on January 24, 2010 read:7,547

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter