Tahun Baru : Momen Rekomitmen

Halo, YOTers!
Apa kabar? Semoga sehat selalu ya..
Selamat tahun baru 2015! Semoga tahun ini jauh lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya :)

Untuk tahun baru kali ini, kebetulan saya tidak membuat tulisan khusus. Saya hanya membaca kembali tulisan saya untuk tahun 2014 lalu untuk menguatkan motivasi. Saya rasa tulisan ini perlu di-share disini juga. Berikut tulisannya...

------------------------------
 

Satu kata yang selalu mendadak populer tiap tahun baru : RESOLUSI

Ya ga? Siapa coba yang ga pernah denger/baca/tulis kata itu tiap tahun baru? (kalo ada, anda bohong, tuh di atas gue tulis :p)
Si Resolusi ini emang selalu numpang beken di masa-masa tahun baru. Trus sama kaya artis youtube pula, banyak pro kontra dimana-mana. Makin beken lah ini orang di rentang pekan tahun baru. Enaknya~~

 

Resolusi pun bersedih..

Tiap tahun denger kata resolusi, tiap tahun pula gue denger banyak orang yang komentar sinis tentang resolusi tahun baru. Kasian kan resolusi, udah bekennya setahun sekali, sekalinya naik daun eh malah disindir-sindir :(

Biasanya kalimat ini muncul membuat resolusi sedih :

“resolusi ga harus tahun baru, kali. tiap hari dong bikin resolusi”

Kalimat di atas sering banget muncul dari banyak orang, entah yang emang sinis sama tahun baru (yang katanya budaya ga baik), atau sekedar jokes yang keluar dari jokers yang tega sama resolusi. Yah, darimanapun asalnya, yang namanya kalimat bernada negatif bakal lebih enak kalo di positif in :D

Momen

Momen! Kata ini saya pake buat bikin kesan lebih positif dari tahun baru dan kalimat di atas.
Ya, setiap hari kita memang harus lebih baik, setiap hari kita harus lebih mencintai, setiap hari kita harus lebih memaknai hidup. Tapi saya masih sangat percaya, manusia itu butuh momen. Momen untuk benar-benar merefleksikan diri, melakukan evaluasi, menghargai diri sendiri. Ada kan, momen kita evaluasi diri, biasanya malam hari, di bengong-bengong sebelum tidur. Itu momen untuk resolusi harian. Nah, momen tahun baru itu diperlukan untuk melakukan semuanya dengan range waktu yang lebih besar : 1 tahun. Kita bisa melihat setahun ke belakang, pola hidup kita, naik turunnya hidup kita, selama setahun terakhir. Bahkan bisa kita bandingkan dengan tahun sebelumnya. Untuk itu kita memerlukan momen ini. Dan saya rasa, semua orang membutuhkannya. Semua orang butuh kaca spion saat mengendarai mobil. Kapan melihat ke belakang? Biasanya pas mau belok atau pindah jalur. Kalo ga ngeliat ke belakang, bisa nabrak. That’s what the moment are for! :D

Rekomitmen

Ini kata iseng nemu pas bikin desain buat tahun baru. Agaknya cocok buat saya yang hidupnya mulai tak tentu arah ini (haha). Ya, saya merasa tahun baru ga cuma momen bagi kita untuk refleksi diri, trus bikin resolusi buat tahun yang baru ini, tapi juga rekomitmen terhadap hidup kita, yang seringkali mulai belok-belok makin akhir tahun. Kita udah evaluasi plus minus, udah bikin solusi baru buat dahsyatnya hidup kita setahun kedepan, maka kita perlu meyakinkan diri untuk mengembalikan lagi komitmen kita terhadap hidup, terhadap-Nya. Hal ini perlu bagi kita agar manajemen diri juga lebih oke. Kalo sekedar evaluasi n solusi baru tapi ga ada komitmen buat ngejalanin hidup baru yang lebih indah dengan evaluasi dan solusi yang udah ada, ya kasian lagi tuh resolusi, udah beken, trus ilang, dicuekin pula :(

Semoga komitmen kita setiap tahunnya makin besar, sampai akhir menutup mata~~

---------------------------------------

Well, saya rasa pemikiran ini masih akan saya pertahankan di 2015. Kalau YOTers, bagaimana? Semoga bermanfaat ya! :)

See you on TOP!

Teuku Yuza Mulia
Young On Top Campus Ambassador
Universitas Indonesia

yuzamulia.wordpress.com | @yuzamulia

  




By : Yuza Mulia

Posted on January 11, 2015 read:116

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter