"Take and Give" atau "Give and Receive"

Jika mendengar kalimat take and give mungkin Yoters sekalian udah sering banget denger ya dari hampir kebanyakan orang. Tapi sebenernya bener ga sih seharusnya prinsip ini diterapkan? Kalau dilihat dari artinya adalah mengambil dan menerima. Bagi sebagian orang mengartikan prinsip ini seperti apabila ingin di hargai, maka hargailah orang lain. Jadi, apabila teman Yoters tidak dihargai oleh orang lain itu merupakan feedback dari sikapnya yang tidak menghargai orang lain.

Lalu bagaimana dengan give and receive? Prinsip ini saya ingat sampai sekarang berawal dari sharing sesion oleh seorang motivator. Jika diartikan sebagai memberi dan menerima. Jadi maksudnya adalah, saat Yoters berusaha untuk untuk memberikan sesuatu kepada orang lain, Yoters tidak mengharapkan feedbck yang sama dari orang tersebut.

Keduanya jika di baca dan diartikan terlihat mirip tetapi berbeda makna dari tujuan awal seseorang tersebut melakukannya. Yang pertama mengandung makna, ada suatu hal yang harus kita ambil dari orang lain yaitu menginginkan orang tersebut menghargai kita terlebih dahulu untuk selanjutnya kita dapat menghargainya. Sedangkan yang kedua terdengar lebih tulus karena tidak perlu mengambil sesuatu dari orang lain untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, cukup melakukan yang terbaik maka feedback yang baik pun akan berbalik kepada Yoters sekalian.

  




By : Mutia Azmi Nabila

Posted on August 22, 2015 read:93

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter