Take Your Chances!

Ada yang pernah denger kalimat “kesempatan ngga datang dua kali”? Kayaknya sebagian besar YOTers sudah pernah atau bahkan sering mendengar kalimat ini. Kalimatnya mungkin sederhana, tapi kalau dimaknai dan dipahami, ada sesuatu yang bisa banget YOTers pelajari dan aplikasikan di kehidupan sehar-hari. Nah, artikelku ini akan membahas, mengupas, mengulas lebih dalam mengenai kalimat di atas. Tentunya berdasarkan opiniku sendiri, hehe.

Kesempatan, sadar ataupun tidak sebenarnya sering menghampiri kita ataupun hanya sekedar lewat. Nah tapi, terkadang kita manusia hanya bisa melihat kesempatan yang bener-bener kesempatan yang kita inginkan untuk datang. Meski demikian, tidak semua prang memiliki keberanian dan “kenekatan” untuk mengambil kesempatan yang datang menghampirinya, seklipun itu adalah kesempatan yang dia tunggu-tunggu. Kenapa bisa begini? Satu hal yang bisa aku kasih tahu adalah bahwa, sebagian besar orang belum memiliki cukup keberanian untuk mengambil kesempatan itu. Mungkin, karena dia belum yakin bahwa ini adalah kesempatan yang ditunggu-tunggu atau bukan. Atau karena memang dia tidak sedang mengharapkan kesempatan ini untuk datang. Tapi, masalah sebenernya adalah ketika kita tidak berani untuk mengambil kesempatan itu. Gimana caranya untuk melawan rasa takut itu? Aku sih ngga bisa ngasih tips jitu nan tepat sasaran yang YOTers langsung bisa praktekan. Tapi, aku bisa kasih poin-poin kenapa kesempatan itu penting untuk diambil. Setidaknya, dengan poin-poin yang aku akan jelaskan di bawah, YOTers akan lebih memiliki keberanian untuk mengambil kesempatan.

  1. YOTers harus menyadari bahwa kesempatan itu memang benar-benar hanya datang sekali. Artinya, tidak akan ada lagi kesempatan yang benar-benar serupa dengan kesempatan yang sedang menghampiri YOTers saat ini. So, pikirkan matang-matang dan segera ambil kesempatan itu selama (tentunya) sifatnya baik.
  2. YOTers pastinya ingin sukses dong? Nah, coba deh baca dan pelajari biografi orang-orang sukses yang bertebaran di toko buku. Dari apa yang sudah pernah aku baca dari kisah hidup orang-orang yang kini sukses, ada satu kesamaan yang mereka miliki. Meraka yang sukses adalah orang-orang yang berani mengambil kesempatan dan bahkan membuka pintu kesempatannya sendiri. Dengan YOTers mengetahui kisah perjalanan orang sukses, diharapkan kalian bisa termotivasi untuk berani mengambil kesempatan dan (semoga) bisa ketularan sukses, hehehe aamiin.
  3. Ada ngga YOTers yang berfikir belum berani mengambil kesempatan karena merasa belum memiliki kualifikasi yang cukup untuk menjalankan kesempatan itu. Belum lama ini aku baca sesuatu di internet yang aku pribadi juga ngerasa “ditabok” sama apa yang aku baca. Tahu ngga YOTers kalimat apa sebenarnya yang aku baca? Kalau ngga salah inget, kira-kira begini kalimatnya, “kalau kamu dapet kesempatan apapun itu, ambil aja belajarnya belakangan”. Setelah aku baca kalimat itu, aku langsung manggut-manggut tanda sepakat dengan kalimat itu. Kira-kira maknanya begini, ketika YOTers “merasa” belum memiliki pengalaman yang cukup untuk menjalankan kesempatan yang ada di depan mata, hapus “merasanya” menjadi tindakan nyata. Apa tindakan nyata yang bisa diambil YOTers ketika dihadapakan dengan kesempatan? Tidak lain dan tidak bukan ya mengambil kesempatan itu, kemudian mempelajarinya dengan sebaik dan semaksimal mungkin, nikmati semua proses belajarnya, dan tentunya, “jangan malu untuk bertanya”.

Tiga poin di atas aku harap bisa juga “menampar” YOTers semua yang mungkin masih galau mau mengambil kesempatan atau tidak. That’s it, semoga sharing dari aku bisa bermanfaat untuk YOTers semuanya.

See you on TOP!

 

Gibran Qadaranta – Universitas Negeri Jakarta - @gibqar

  




By : Gibran Qadaranta

Posted on November 21, 2015 read:54

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter