"Teori Toilet"

Halo YOTers, udah pada tau kan toilet adalah tempat untuk apa? Pada penasaran teori toilet itu apa?

Teori ini dapat dijelaskan menggunakan sebuah contoh kasus.  Suatu hari, seorang mahasiswa anggota BEM sedang mendengarkan ketua BEM membahas hasil evaluasi kegiatan yang baru berjalan minggu lalu. Rapat diadakan di ruangan yang cukup kecil dan menggunakan AC yang cukup besar. Mahasiswa tersebut, kita sebut saja dia Romeo tidak mengambil kepanitiaan dalam acara tersebut, sehingga banyak kejadian yang tidak dia ketahui. Ketua BEM membuat kesepakatan bahwa tidak boleh ada yang keluar dari ruangan rapat sebelum evaluasi selesai. Ketidaktahuaan Romeo memungkinkan 2 hal terjadi :

1. Romeo bosan dan memutuskan untuk izin ke toilet untuk menghindari rapat tersebut. Namun ketua BEM tidak mengijinkan Romeo untuk meninggalkan ruangan karena evaluasi masih berlangsung. Romeo hanya pasrah dan tidak akan memaksa untuk pergi ke toilet.

à Toilet hanya dijadikan alasan untuk kabur dari realita (dalam kasus ini adalah rapat). Kepasrahan ini menunjukkan Romeo memang tidak benar-benar memiliki keinginan untuk ke toilet.  [Teori toilet 1]

2. Karena ruangan yang dingin membuat Romeo ingin ke toilet. Walaupun ketua BEM nya membuat peraturan tersebut, Romeo akan berusaha untuk izin sampai dia benar-benar mendapatkan izin untuk ke toilet tersebut.

à Toilet merupakan tujuan utama yang harus dicapai Romeo pada saat itu, sehingga apapun alasan nya Romeo akan terus berusaha sampai tujuan nya tercapai. Disini Romeo menunjukkan bahwa ia memiliki keinginan yang besar dan berusaha dengan sangat baik untuk dapat mencapai tujuan tersebut. [Teori toilet 2]

Nah teman-teman udah liat kan perbedaan dari kedua contoh kemungkinan yang disebutkan di atas. Toilet hanya sebuah contoh yang digunakan untuk menggambarkan seberapa besar keinginan kita untuk mencapai suatu tujuan kita. Yuk bareng-bareng kita belajar teori toilet yang kedua, dimana ketika kita di posisi sangat menginginkan suatu hal, kita akan terus berjuang untuk mencapai hal-hal tersebut. Kita akan melakukan segala bentuk usaha untuk mencapai tujuan utama di dalam hidup kita.

Yak saya juga cukup tercengang ketika mendengar teori baru tersebut. Teori yang cukup diluar dugaan  tersebut namun,  it means a lot to me.  Saya mengetahui teori ini saat mentoring group session bulan Oktober dari salah satu mentor kesayangan kita, yaitu Mas BB. Terapkan teori toilet yang kedua ya dalam menjalani hidup ini. Tetap semangat menjalani aktivitas! See you at the top!

  




By : Inez Giovani

Posted on October 23, 2015 read:81

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter