The 4 Intersection

Halo, YOTers!

Here I am, with a new (hopefully) insightful thougts I discovered lately. Karena saya rasa bermanfaat untuk saya, jadi ingin berbagi lagi disini.

YOTers tau Sarah Kay? Ia adalah seorang spoken word performer yang merupakan founder dari Project V.O.I.C.E (YOTers bisa cari tahu lebih lanjut tentang ini), dan yang saya bagikan berikut ini adalah salah satu lesson learned dari TED Talk nya yang pernah saya tonton di Youtube.

Sarah bercerita bahwa dalam salah satu sesi mengajarnya untuk melatih anak-anak sekolah membuat puisi, ia meminta anak-anak tersebut untuk menuliskan “10 things that you know to be true”, dan saling berbagi apa yang mereka tulis. Dari hasil sharing tersebut, ada satu hal menarik yang terlihat, bahwa ada 4 sisi yang berbeda dalam setiap hal yang dibagikan. Berikut ini adalah 4 hal itu, “The 4 intersection, where great stories come from” :

1.Someone has an exact same thing or very similar thing to something on your list

2.Someone has the complete opposite to something on your list

3.Someone has something you’ve never heard before

4.Someone has something you thought you know everything about it, but then introducing a new angle of looking at it

Nah, apa yang bisa kita dapat dari 4 poin itu? Satu hal besar yang dapat saya simpulkan adalah sesuai dengan salah satu nilai Young On Top : Be Open Minded! Dengan berpikiran terbuka, kita bisa menerima berbagai sudut pandang atau informasi baru dari orang lain dengan baik, dan lebih baik lagi jika kita bahkan bisa melihat berbagai sudut pandang itu dari diri kita sendiri. Tapi percayalah, dengan berkolaborasi dan mengambil sudut pandang orang lain, pikiran kita akan lebih kaya, karena suatu sudut pandang bisa dibentuk dari berbagai macam hal, seperti pengalaman, bacaan, pola pikir, lingkungan sekitar, keluarga, dll.

YOTers, yuk coba lakukan hal di atas di rumah, sekolah, kampus, organisasi, atau komunitas tempat kamu berada. Kita bisa melakukannya bersama keluarga, teman, guru, dosen, mentor, kolega, dll. Semakin variatif orang yang kita ajak, bisa semakin banyak hal baru yang kita bisa dapatkan.

Jangan lupa, setiap dapat suatu hal baru, sebagai YOTers, kita harus apa? SHARE! Yeah! :D

Well, that’s it for this time. Semoga bermanfaat ya!
See you on TOP!

Teuku Yuza Mulia
Young On Top Campus Ambassador
Universitas Indonesia

yuzamulia.wordpress.com | @yuzamulia

 

 

My other #TOPNotes
Before
 : Nostalgia
After : Stamina dalam Gerakan

  




By : Yuza Mulia

Posted on March 10, 2015 read:129

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter