Tidak perlu 100%

Assalamu ‘Alaykum, Hai YOTers, pasti udah pada tau 100 itu dijadikan standar maksimal alias tertinggi untuk ukuran persentasi. Nah, hal positif apa sih yang nggak boleh 100%? “Kepercayaan pada orang lain”. Why?  Apa karena yang bisa kita percaya 100% hanya Tuhan? Atau udah nggak ada lagi orang yang bisa dipercaya 100%? Absolutely bukan hanya itu jawabannya. Yang perlu kita perhatiin adalah objeknya, “orang lain”, kalau “percaya diri” aja belum 100%, gimana mau percaya ama “orang lain”.

YOTers, ayah saya pernah mempercayai seorang sahabat yang malah meninggalkan beliau saat beliau sangat membutuhkannya. Jadi, saat itu ayah saya naik haji, dan dapat ujian, beliau kehilangan uang dalam jumlah yang cukup besar. Sayangnya, justru yang menolong beliau adalah orang yang sama sekali beliau belum kenal sebelumnya, dimana sahabatnya malah berlaku seolah-olah nggak tahu tentang kejadian itu. Setelah kembali ke tanah air, justru seakan-akan ayah saya yang melakukan kesalahan, sahabatnya nggak mau lagi datang bersilaturrahim ke rumah. Betapa kecewanya ayah saya YOTers dengan kejadian ini. Sahabatannya udah puluhan tahun YOTers, tapi malah dikhianatin kayak gitu.

That’s why YOTers, kita nggak bisa percaya 100% pada siapapun, karena setiap manusia punya peluang untuk berkhianat, siapapun dia. Setidaknya kita memberikan ruang untuk kekecewaan sebelum dia datang, karena kalau nggak disiapin dari awal, bakalan sakit banget kalau orang yang kita percaya 100% tiba-tiba berbalik meninggalkan kita, daripada jadi dendam. Tapi bukan berarti kita nggak boleh percaya orang lain ya YOTers, karena kita juga makhluk sosial yang nggak mungkin berdiri sendiri tanpa orang lain. Siapkan mental untuk kekecewaan, supaya nggak berubah jadi dendam saat kepercayaannya dikhianati, dan kita lebih mudah melupakan pengkhianatan itu sendiri. KEEP SPIRIT YOTers :)

 

Cheers,

 

Ana Ainul Syamsi

YOT CA Universitas Bakrie

@ainulsyamsiana

  




By : Ana Ainul

Posted on September 15, 2013 read:241

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter