Tips Fund Raising Startup

Source / Originally Written for: yotkc.kaskus.co.id

Istilah Startup terkenal sejak tahun akhir '90-an ketika banyak perusahaan dotcom di Amerika mendadak besar (meski akhirnya di tahun '99 banyak yang bangkrut). Oleh karena itulah, Startup lebih dekat dengan dunia IT. Padahal, arti sesungguhnya adalah perusahaan baru. 

Sekarang di Indonesia, Startup yang bergerak di bidang IT berlomba untuk mendapatkan funding dari para Angel Investor maupun Venture Capital. Dan inilah topik yang paling hangat dan seru untuk dibicarakan oleh para Startup Entrepreneurs. Wajar. Manusiawi. Siapa yang ngga excited kalau ngomongin uang dan kesuksesan?

Tapi, sesungguhnya, gimana sih cara dapetin funding? Apakah di level seed funding (bantuan dana di awal, untuk membuat prototype/awal usaha), atau A series, maupun B series, maupun C series funding (bantuan dana untuk membuat pengembangannya jauh lebih pesat dan sekian %-nya adalah untuk cashout para foundernya), tips dasar untuk mendapatkan fundingnya sama.

VISION. Para founder harus punya VISI yang jelas. Visi yang bagaimana? Yang punya makna positif besar bagi para foundernya. Jangan pernah visi perusahaan Agan adalah untuk profit. Karena namanya juga perusahaan, ya jelas harus profitable. Visinya harus bagaimana perusahaan bisa membantu banyak orang. Semakin banyak orang yang bisa dibantu oleh produk atau jasa perusahaan kita, semakin besar kesempatan perusahaan kita sukses. VISI = PURPOSE.

PRODUCT. Marketing 'hanya' membuat sebuah produk/brand menjadi lebih menarik. Tapi sesungguhnya, yang paling penting adalah produknya sendiri. Kalau produknya bagus, terkadang tanpa marketing pun, akan banyak orang yang dengan sukarela menyampaikan ke teman-temannya (word of mouth). Ini marketing yang paling diinginkan semua orang, karena gratis dan paling efektif. Nah kalau produknya jelek, maka biar dikemas dengan marketing pun, orang hanya akan beli sekali dan ngga akan beli lagi, plus ngga akan rekomendasikan atau bahkan ngejelekin ke temen-temennya. Bahaya. Begitu juga dengan Angel Investor dan Venture Capital, kalau produknya dirasa ngga akan bisa bantu banyak orang, maka mereka ngga akan tertarik menginvestasikan uangnya. 

LEADERSHIP & MANAGEMENT. Hanya punya visi, tapi begitu Angel Investor dan Venture Capital melihat leadernya dan timnya ngga kuat, saya cukup yakin, mereka akan mundur. Yes, visi/ide itu murah. Jangan pernah bangga punya visi/ide hebat. Karena kalo cuma punya visi/ide hebat, tapi Agan ngga punya leadership skill maupun management skill (serta attitude) yang baik, saya yakin visi/ide itu ngga akan sukses diimplementasiinnya.

BUSINESS PLAN. Namanya juga Angel Investor dan Venture Capital, core business mereka ya menginvest di perusahaan, dan berharap nilai perusahaan tersebut akan menjadi lebih besar, sehingga uang yang ditanam di perusahaan tersebut 'berkembang biak', alias mereka profitable. Jadi, kalau para founder ngga ngerti cara bikin Business Plan, ya para investor ngga tau kapan uang mereka akan kembali (ROI) atau bahkan kapan mereka akan mampu menikmati profitnya. 

Wadah yang saya buat @StartupConnext di twitter, ngga fokus gimana cara dapetin funding. Saya lebih menekankan untuk para Startup Entrepreneur untuk menguatkan VISI, LEADERSHIP & MANAGEMENT, dan NETWORKING dengan sesama Startup Entrepreneur. @StartupConnext mengajak sesama Startup Entrepreneur untuk saling me-RT bisnis masing-masing, alias saling bantu. Semakin sering kita me-RT promo bisnis orang, otomatis orang tersebut juga akan sering me-RT bisnis kita. Ini basic psychology. Bahasa Inggrisnya: "I scratch your back, you scratch my back."

PS: Apa yang saya sharing di sini berdasarkan pengalaman ketika perusahaan startup saya yang baru berumur 7 bulan mendapatkan funding dari seorang Angel Investor, yang membuat perusahaan tersebut bernilai Rp.20M.

See You ON TOP!

@BillyBoen

CEO, PT. YOT Nusantara - @youngontop (youngontop.com)
Chairman, PT. Generasi Digital Internasional - @GDILab (gdilab.com)

Facebook: billyboenYOT
Instagram: @billyboenYOT
Website: billyboen.com

Baca juga tulisan saya: "Tips Membuat CV Yang Tepat" -> http://www.kaskus.co.id/thread/54088...8b46837f8b4567

#CVCreator, free, easy, bisa didownload, diprint, dan diemail untuk lamar kerja (pdf): http://CV.youngontop.com

  




By : Billy Boen

Posted on January 09, 2015 read:754

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter