Titik Nol - Sebuah Perjalanan

Titikl Nol.

Apa makna sebuah perjalanan bagi YOTers? Buat saya perjalanan adalah proses pencarian. Proses untuk mengenal diri sendiri dan pencarian model diri kita inginkan.

Titik Nol merupakan buku yang mengajak saya untuk mengikuti perjalanan penulis Agustinus Wibowo yang bermula ketika penulis menjadi mahasiswa di sebuah universitas ternama di China .Pada akhir masa studinya penulis memilih untuk tidak pulang ke tanah air namun memilih untuk merajut mimpinya berpetualang Asia sampai ke Afrika, ke negeri-negeri yang dikisahkan dalam Safanarma (sebuah dongeng). Buku ini membawa saya berpetualang negeri-negeri eksotis mulai dari Tibet, Nepal, bahkan sampai negara konfilk seperti Pakistan dan Afghanistan. Hal yang menarik adalah ketika penulis menceritakan bagaima setiap negara memiliki tradisi yang berbeda, agama yang berbeda, suku yang berbeda, namun kesemuanya itu memiliki nilai yang sama yaitu kemanusiaan.

Penulis menceritakan perjalanan yang membuatnya mendapatkan banyak perjumpaan dan keluarga baru, namun pada akhirnya rumah yang ada di mana-mana ini berarti pula bahwa dia tidak memiliki rumah sesungguhnya. Perjalanan bukan soal kisah dan foto-foto eksotis yang akan kita pamerkan sepulangnya, namun lebih kepada pengelanan akan diri kita sendiri. Mencari, kata inilah yang menjadi latar belakang penjajah Belanda berlayar melintasi setengah bola dunia untuk menjawab pertanyaan tersebut. Mencari juga merupakan awal dari perjalanan Agustinus Wibowo, mencari makna dari sebuah perjalanan. Dengan menampilkan kisah-kisah perjalanannya dengan apik, Penulis menjadikan pembacanya sebagai bagian dari perjalannya menyongsong negara-negara asing nun jauh.

Perjalananku bukan perjalananmu, perjalananku adalah perjalananmu. Kata ini bermakna kisah perjalanan dalam buku Titik Nol ini penulislah aktornya, namun dalam buku ini perjalanannya menjadi bagian dalam perjalanan pembaca. Untuk saya hal yang paling menarik dari buku ini adalah ketika saya dapat belajar mengenai bagaimana orang dari berbagai negara yang berbeda untuk memandang kehidupan, dan bersyukur bahwa Tanah Airku Indonesia.

  




By : Aldrian Kuswadi

Posted on September 18, 2015 read:96

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter