Top 10 Questions for Job Interview

Hai YOTers! 
Semoga kebaikan datang dari segala penjuru untuk kita semua ya. Kali ini gue bakal share info buat loe yang pada mau nyari job nih. Di sini gue bakal tulis tentang beberapa model pertanyaan berikut jawaban yang biasa muncul dalam interview kerja. Pertanyaan dalam interview kerja emang relative alias ngga sama semua. Itu biasanya tergantung dari perusahaan sama kerjaan yang loe apply. But, loe pada ngga usah khawatir. Yang gue tulis ini merupakan pertanyaan umum yang sering muncul. Dengan jawaban yang telah gue kasi, setidaknya loe dapat mempersiapkan diri loe. Latihan di depan cermin lah ya. 
 
1. Ceritakan tentang diri kamu!
Sebaiknya loe lebih banyak menceritakan sesuatu yang menunjukan profesionalitas loe. Misalnya loe dulu sempet kerja dimana aja sebelum ngelamar di sini, jadi apa, berapa lama, pendidikan loe gimana, skills loe apa aja, dan lain sebagainya. Jangan terlalu banyak menceritakan tentang personal detail, kecuali interviewer yang menanyakan lebih dahulu. 
 
2. Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan kami?
Untuk menjawab pertanyaan ini, loe harus melakukan small research tentang perusahaan terkait. Jangan sampai loe ngga tau apa-apa tentang perusahaan itu. Saat interview, loe cukup ceritakan yang penting-penting aja (yang emang harus loe tahu kayak siapa founder-nya, didirikan tahun berapa, dsb.) dan sesuatu yang impressive dari perusahaan itu. 
 
3. Apa yang kamu ketahui tentang pekerjaan yang kamu apply?
Be ready buat question ini juga ya guys. Loe harus tau pekerjaan apa yang loe apply. Gila aja kalau sampe ngga tau. Cari tahu juga tanggung jawab dan tugas-tugas loe nanti apa aja (kalau udah keterima). Bertanyalah terlebih dahulu sama Mbah Google atau orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Mengetahui secara detail tentang pekerjaan yang kamu lamar akan mempermudah kamu dalam menjawab pertanyaan saat interview.
 
4. Kenapa kamu melamar untuk pekerjaan ini?
Ya untuk kerja di perusahaan ini lah pak! Loh??
Jawabnya jangan gitu nanti ya. Di sini loe harus jelaskan bahwa loe pengen kerja untuk perusahaan itu dan loe mempunyai kemampuan di bidang yang loe apply. Loe juga dapat jelaskan ketertarikan loe dibidang terkait.  
 
5. Pengalaman apa saja yang kamu punya, terkait pekerjaan yang kamu apply?
Ceritakan bahwa loe sudah mempunyai pengalaman dan skills yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas loe. Berikan juga penjelasan dan contoh sehingga interviewer benar-benar yakin. 
 
6. Apa kelemahan kamu?
Everybody has their own weaknesses. Di sini loe ngga usah terlalu jujur untuk nyebutin semua kelemahan loe. Makan waktu broo. Cukup sebutkan satu atau dua kelemahan yang loe punya. Jangan lupa juga sebutin cara yang udah loe lakuin buat overcome kelemahan loe itu. Ini penting lhoo. Ini menunjukan kemampuan loe untuk menyelesaikan masalah. Apalagi kalau loe bisa ubah kekurangan loe jadi sebuah kelebihan. It will be great Guys!
 
7. Apa aja sih strength kamu?
Semakin banyak kelebihan yang loe miliki, semakin banyak pula poin plus yang masuk ke kantong loe. Namun, bila waktu ngga memungkinkan, just mention yang related dengan kerjaan yang loe lamar aja ya guys. 
 
8. Kenapa kamu meninggalkan pekerjaan kamu yang sebelumnya?
Stay positive is very important here. Please banget! Kalo sebelumnya loe punya bos yang kejam, please jangan sebutin itu. Loe bakal menciptakan image buruk tentang diri loe bila loe ceritakan keburukan perusahaan loe. Interviewer bisa aja berpikir bahwa loe juga akan menjelek-jelekan perusahaan tempat loe ngelamar kerja itu. Loe sebutin aja kalo loe udah mendapatkan pengalaman dan keterampilan yang cukup dari pekerjaan sebelumnya dan sekarang loe mau menambah pengalaman baru, misalnya. 
 
9. Kenapa kamu menganggur dalam waktu yang cukup lama?
Loe bisa handle pertanyaan ini dengan menjawab bahwa loe selama ini mengisi waktu buat improve diri loe kayak ikutin course, freelance atau kerja tanpa kompensasi dan lain sebagainya. Kalau memang loe ada alasan lain yang masih dapat diterima, it is okay.
 
10. Kenapa kami harus menerima kamu untuk mengisi posisi ini?
Menurut gue, ini pertanyaan maut. Gue sering bingung nanggepin pertanyaan ini. Gue orangnya rendah hati, tidak sombong soalnya. Hehe. Pertanyaan ini seolah memaksa kita untuk menyombongkan diri. But, it’s okay lah ya. Kan ini sombong pada tempatnya. Loe bisa jawab pertanyaan ini dengan mengaitkannya sama strengths loe tadi. Ingatkan juga interviewer tentang apa yang bisa loe kontribusikan untuk perusahaan. Usahakanlah agar benefit yang loe dan peruahaaan dapat ketika loe kerja di perusahaan itu seimbang sehingga sama-sama diuntungkan ya. Yakinkan bahwa perusahaan bakal nyesel kalau ngga nerima loe.
 
Jangan lupa ya guys, siapin juga pertanyaan buat interviewer. Loe bisa tanya sesuatu kepada sang interviewer setelah beliau selesai dengan pertanyaannya. Loe bisa tanyakan beberapa informasi yang belum jelas bagi loe. Bisa aja loe tanya kapan loe bakal dikabarin lagi? Atau apa lah ya, yang belum loe ngerti. Ini bakal nunjukin kalau loe emang antusias dengan pekerjaan itu. 
 
Oh iya guys! Ketika interview, loe jangan cuma fokus sama pertanyaan aja ya. Loe juga harus perhatikan cara berpenampilan sama sikap loe saat interview. For futher information, loe bisa langsung search di internet, karena hampir semuanya ada di internet. 
 
Note: tapi ingat juga ya, ngga semua yang ada di internet itu benar. Loe harus pinter-pinter menyaring informasi yang ada. Semoga bermanfaat. Good luck and see you On Top!
 
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=95lhtBc53f8
 

 

  




By : Ni Putu Ayu Frida Ningsih

Posted on August 12, 2015 read:121

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter