Trouble is a Friend

Siapa sih yang mau terlibat dalam suatu masalah? Aku rasa ngga ada YOTers yang betah jika sedang mengalami suatu masalah, bener apa bener? Buat aku pribadi juga, sebisa mungkin masalah itu aku hindari, apapun bentuknya. Tapi tau ngga sih YOTers, di balik kengerian “masalah” itu ternyata ada juga loh manfaatnya. Banyak bahkan. Karena bagaimanapun lihainya kita menghindar dan lari dari masalah, suatu saat, cepat atau lambat masalah itu pasti datang dan sama sekali tidak bisa kita hindari. Seperti contoh di atas, sebenarnya ketika YOTers lari/menghindar dari masalah, hal itu sendiri juga sudah merupakan masalah. Gimana? Bingung? Sama hahaha. Biar ngga bingung, yuk kita bahas sama-sama, apa aja sih sebenarnya manfaat dari masalah.

  1. Proses menjadi dewasa.

Sadar atau tidak, ketika YOTers mengalami suatu masalah dan berusaha menyelesaikannya, maka semua ilmu, pengalaman, dan keterampilan yang YOTers miliki akan kembali tergali lagi untuk membantu menyelesaikan masalah itu. Selain itu juga, dengan seringnya YOTers mengalami masalah, pelan-pelan yang awalnya YOTers merasa sangat terbebani, perlahan akan merasakan bahwa masalah itu adalah tantangan yang tidak sabar untuk YOTers babat habis tak tersisa. Itulah salah satu bentuk proses pendewasaan diri yang terjadi dalam diri YOTers ketika menghadapi masalah.

  1. Peluang untuk belajar.

Biasanya, masalah itu membuat kita merasa terdesak, terpojokkan, dan serasa berada di pinggir tebing Grand Canyon (berlebihan). Tetapi, masalah itu juga lah yang sangat mungkin menjadi motivasi kita untuk mempelajari hal baru dengan sebaik mungkin. Contoh simplenya, YOTers sudah mengerjakan UAS dan ternyata hasilnya buruk, ada kesempatan remedial dan jika tidak bisa memperbaiki nilainya maka akan tidak naik kelas. Ini masalah, dan cara yang terbaik untuk menyelesaikannya tentunya dengan belajar lebih giat lagi agar dapat memperbaiki nilai UAS sebelumnya. Kira-kira begitu YOTers.

  1. Menjadi manusia seutuhnya.

Setiap masalah yang YOTers hadapi, perlahan akan membentuk YOTers menjadi manusia yang sesungguhnya. Maksudnya gimana? Well, masalah-masalah yang YOTers alami dan selesaikan pastinya sedikit-banyak akan memberikan pengalaman yang akan membantu YOTers dalam menjalani keseharian hidup. Masalah-masalah itu akan mempengaruhi pola kehidupan YOTers dari semua aspek yang (hopefully) jika dihadapi dan diselesaikan dengan baik, akan mengubah pola kehidupan YOTers ke arah yang baik juga.

Nah, setelah YOTers sudah memahami manfaat-manfaat yang ditimbulkan dari si “masalah”, yakin masih mau lari dari masalah? It’s one of the greatest teacher of life loh! Oya, one more thing, ketika YOTers mengalami masalah dan bener-bener bingung bagaimana cara menyelesaikannya, just ask! Tanya ke orang-orang yang YOTers percaya dan merasa nyaman untuk menceritakan masalah yang YOTers sedang hadapi saat ini.

That’s it. Semoga YOTers dimanapun saat ini berada, bisa menyelesaikan masalah yang mungkin sedang dihadapi saat ini, dan tentunya dapat mengambil manfaat dari masalah tersebut.

Thanks for reading.

See you on TOP!

 

Gibran Qadaranta – Universitas Negeri Jakarta - @gibqar

 

  




By : Gibran Qadaranta

Posted on October 24, 2015 read:150

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter