Ultah, Pernikahan, Pemakaman

Hari ini, saya baru menghadiri pemakaman kakak tercinta dari seorang YOT CA dari ITB, Samia… di TPU Tanah Kusir.

Saya tidak mengenal alm. Myra Puspasari. Saya pun baru ketemu Samia beberapa kali, karena Samia baru bergabung di YOT Mentorship July 2011-June 2012. Kehadiran saya tadi pagi, tidak berarti apapun untuk proses pemakaman tersebut. Jelas keluarga besar Samia adalah keluarga yang baik. Koq saya tahu? Yang menghantar kepergian alm. Myra, lebih dari 100 mobil, sekitar 200-300 orang.

Dari apa yang sudah saya sampaikan ini (tidak kenal alm. dan baru ketemu beberapa kali dengan adik alm.), lalu, kenapa saya melayat?

Kalau kamu disuruh milih, menghadiri ultah, pernikahan, atau pemakaman… mana yang kamu pilih? Saya rasa, ultah dan pernikahan akan menjadi dua pilihan yang favorit. “Ngapain ke pemakaman? Mesti panas-panas. Ngga ada makanan”, mungkin itu alasan banyak orang.

Siapa sih yang ngga mau senang-senang? Makan-makan? Ya kan? Tapi…

Pernah dengar bahwa “Teman sejati adalah teman yang ada tidak hanya ketika dalam kesenangan, tapi juga ketika dalam kesusahan”. Klise, yes! Tapi apakah arti kalimat ini pernah kamu renungkan? Kalau ngga, coba deh renungin. Kalau pernah, apakah sudah kamu lakukan untuk teman kamu? Kalau belum,… kenapa?

Kematian, pada umumnya mendadak, tidak bisa diprediksi. Kalau untuk yang Muslim, pemakaman harus dilakukan tidak boleh lebih dari 1 x 24 jam. Artinya, kemungkian besar jadwal kita sudah terisi oleh aktifitas lain… dan apabila tidak kita cancel aktifitas kita itu, berarti kita ngga akan pernah bisa menghadiri suatu pemakaman. Lalu, apakah lalu berarti kita ngga akan pernah bisa menghadiri pemakaman teman kita yang meninggal, atau teman kita yang sedang bersedih karena ditinggalkan oleh orang yang dia cintai?

Di buku YOT saya tulis mengenai “Urgent & Important”. Apa itu urgent, apa itu important. Saya coba jabarkan sedikit di sini ya:

- Urgent: Hal-hal yang perlu dilakukan/diselesaikan sekarang (tidak bisa ditunda)
- Important: Hal-hal penting yang harus dilakukan/diselesaikan, namun tidak harus sekarang juga

Kemarin malam, ketika tahu pemakaman alm. Myra akan dilakukan pagi tadi, saya langsung membatalkan rapat saya dan memilih untuk datang ke pemakaman. Meeting tersebut saya undur ke besok pagi. Saya merasa bahwa menghadiri pemakaman ini adalah urgent, meeting adalah important.

Saya sedih ketika tahu teman-teman tidak bisa datang ke pemakaman karena alasan sibuk atau sudah ada janji. Sedih karena Si yang sedang bersedih ‘ditinggalkan’ oleh mereka yang mengaku teman, dan sedih karena mereka yang bilang sibuk ternyata masih tidak mengerti arti ‘urgent’ dan ‘important’, dan juga… sedih karena mereka tidak menyadari bahwa seorang teman paling dibutuhkan ketika bukan dalam keadaan senang, melainkan ketika dalam keadaan sedih.

Ketika tadi saya mendapatkan bbm dari YOT CA LSPR, Jojo, yang menanyakan di mana pemakamannya, saya senang dan bangga. Meski ketika dia sampai, pemakaman telah selesai, dan seluruh pelayat sudah bubar. Saya bilang ke dia bahwa apa yang dia lakukan sama sekali bukan buang-buang waktu. Saya sangat menghargai intensi dia untuk datang, melayat Samia, yang mungkin baru 1-2 kali ketemu. Inilah bentuk nilai-nilai yang harus ditumbuhkan di kaum muda Indonesia. Respect, kebersamaan, pertemanan, kekompakan… tanpa ini, Bangsa ini akan jadi apa, ngga kebayang.

Trust me, kehadiran kamu di pemakaman seseorang jauh lebih berharga dibandingkan kehadiran kamu di acara ultah maupun pernikahannya. Bukan berarti kamu ngga usah datang ke ultah atau pernikahan temanmu, tapi… coba pastikan untuk setidaknya datang untuk menghibur temanmu yang sedang bersedih. Apa sih susahnya untuk hadir memberikan rasa hormat dan prihatin kita kepada orang lain di saat susah?

Semoga tulisan saya ini bisa membuka pemikiran teman-teman. Kalau ada yang tidak setuju, silahkan saja. Ini opini saya… maaf apabila tulisan ini ‘menampar’ kamu (demi kebaikan tentunya)

Billy Boen

t: @billyboen
fb: facebook.com/billyboenYOT

  




By : Billy Boen

Posted on August 02, 2011 read:4,368

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter