"Untung Cakep"

Dua kata yang cukup menggelitik yang penulis dengar berkali-kali pada berbagai kesempatan, terutama ketika ada hal yang terjadi pada seseorang yang menurut masyarakat umum memiliki paras yang indah. Semacam candaan yang menarik jika kita mau menganalisinya lebih jauh. “Emang kalo udah cakep kenapa sih?”. Banyak orang berkata bahwa orang cantik atau ganteng  50% masalah hidupnya sudah selesai, karena jika orang-orang tersebut melakukan kesalahan atau hal memalukan, orang-orang akan memaklumi dengan dalih “untung cakep”. Bagaimana dengan orang yang terlahir biasa-biasa saja menurut pandangan masyarakat umum? Padahal tiap individu diciptakan secara unik oleh Maha Pencipta.
 
Masyarakat telah terpengaruh oleh media dengan menyeragamkan kategori “cakep” berdasarkan apa yang media tawarkan dan penilaian umum masyarakat di sekelilingnya. Tubuh proporsional, wajah simetris, rambut yang bagus, kulit yang putih, merupakan standar umum yang dianut masyarakat kini tentang arti “cakep” masa kini. Apakah salah? Tidak. Menurut penulis hal tersebut wajar karena sejatinya manusia adalah makhluk visual. Kita menilai dari apa yang kita lihat. Ada pepatah yang bilang “Don’t judge the book by the cover”. Klise. Pada kenyataannya orang akan melihat covernya terlebih dahulu. Itulah mengapa perusahaan penerbit dan percetakan buku bersaing sengit untuk memikat hati pembeli dari cover yang mereka tawarkan. Karena untuk pertama kali dan sekilas, orang tidak bisa menilai “isi” hanya dari luarnya saja. Sayangnya, judge the book by the cover masih berlaku dengan atau tanpa kita sadari.
 
Beruntunglah bagi yang terlahir “cakep”, tapi lebih beruntung lagi dengan orang yang membaca tulisan ini karena minimal telah belajar dan mulai sadar kalau “isi” itu jauh lebih penting. “Some born to be lucky, some born to be a fighter”. Ayo kita gali dan tempa lebih jauh apa yang ada dalam “isi” agar terpancar dari cover yang kita tampilkan.
 
 
Galih Sang Surya Buana
 
Young On Top Campus Ambassador Batch 6
 
Universitas Indonesia
  




By : Galih Sang Surya Buana

Posted on September 27, 2015 read:153

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter