UUD Diri Sendiri

Dear YOTers,

Kali ini saya ingin sharing terkait bagaimana caranya mengatur skala prioritas. Salah satunya dengan cara membuat UUD (Undang-Undang Dasar) untuk diri sendiri.

Ini mungkin seperti UUD 1945 yang kita kenal sebagai Undang-Undang Dasar Republik Indonesia yang merupakan sumber hukum tertinggi. Dengan UUD inilah sebuah negara memiliki pedoman bagaimana cara menyelenggarakan sebuah negara dan konsekuensi-konsekuensi lainnya. Ada landasan bergerak, ada aturan bertindak dan ada kontrol sekaligus koreksi terhadap kesalahan.

Dengan UUD pribadi ini kita dapat menentukan arah dan tujuan hidup kita. Kita juga meletakkan prinsip-prinsip pokok hidup kita yang harus kita pegang dan tidak boleh dilanggar. UUD ini bisa menjadi sebuah fondasi untuk hidup kita. Sebuah fondasi jelas harus kuat. 

Inspirasi untuk membuat UUD pribadi ini bisa darimana saja nilai kehidupan positif yang kita yakini. Banyak orang mengambil inspirasi atau mendasarkan UUD pribadinya berdasarkan keyakinan atau agamanya. Yang jelas UUD ini bersifat khusus dan spesial karena hanya sesuai dengan kondisi dan kehidupan kita yang khas dan unik.

Pastikan UUD pribadi ini berfungsi dan berjalan dengan baik seperti UUD Negara. Beranilah disiplin terhadap diri sendiri. Yaitu sebagai fondasi yang memberi arah ke mana kehidupan kita hendak menuju, bagaimana kita harus melakukannya dan apa yang harus dilakukan jika ada pelanggaran yang kita lakukan.

Karena ini bersifat pribadi, maka integritas kita sangat menentukan apakah kita taat atau tidak.  UUD pribadi saja tidak cukup dan bisa jadi hanya sebagai formalitas,harus ada komitmen kuat untuk melaksanakannya juga dari diri kita sendiri.

Oleh :
Lisa Amalia A R
Politeknik Keuangan Negara STAN
YOTCA batch 6

  




By : LISA AMALIA ARTISTRY RAMADHANI

Posted on December 11, 2015 read:60

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter