Valentine Milik Para Malaikat

Tahun lalu, Young On Top Campus Ambassador (YOT CA) 2010-2011 mengadakan LOVE DONATION 2011 untuk pertama kalinya. Tema ini dipilih oleh @PalmiraVidya yang merupakan Ketua Acara kala itu, mengambil momentum Valentine’s Day; oleh karenanya, LOVE DONATION 2011 dilakukan di pertengahan Bulan February 2011, bertempat di Grand Indonesia Shopping Town.

Dengan bekerjasama dengan banyak pihak, LOVE DONATION 2011 berhasil mengumpulkan 147 kantong darah untuk PMI. Sungguh pencapaian yang membanggakan. Sampai-sampai PMI memberikan plakat penghargaan untuk Young On Top, ditandatangani oleh Ketua PMI, Bpk. H. Jusuf Kalla.

Karena keberhasilan itulah, YOT CA 2011-2012 memasukkan event LOVE DONATION 2012 di dalam agenda tahunannya. Mengikuti tema dan konsep tahun lalu, event ini pun direncanakan untuk diadakan tanggal 11-12 February 2012 (kemarin dan hari ini, saat penulisan ini).

Berikut laporan pandangan mata dan hati saya tentang event LOVE DONATION 2012 ini…

PERSIAPAN

@PalmiraVidya yang di batch kedua ini menjadi Program Director YOT CA memilih @EvaAndari sebagai Ketua Event LOVE DONATION 2012. Persiapan sudah dimulai di awal Desember 2011. Eva dibantu oleh Steffira Devie sebagai Ketua Seksi Acara. Kebingungan sempat terlihat ketika dibeberapa kesempatan saya diminta membantu mencarikan teman-teman musisi yang mau menyumbangkan waktu dan lagunya untuk acara ini. Beberapa cara ‘formal’ kami lakukan, dari mencoba meminta bantuan suatu majalah musik hingga menghubungi label rekaman, namun semuanya gagal. Cara tahun lalu pun kami lakukan, menghubungi musisi / talentnya langsung. Ternyata, dengan cara tradisional ini, malah berhasil.

Masih lebih dari 1 bulan sebelum penyelenggaraan event ini, sang Ketua Event mengirimkan email ke milis YOT CA, memberikan arahan dan instruksi untuk kami semua mencoba membuat #LOVEDONATION2012 menjadi trending topics di twitter. Meski tidak semua YOT CA berpartisipasi, cukup gencar twit saat itu, namun inisiatif event awareness Eva gagal.

Saya sempat kaget, bingung, dan menanyakan kepada Mentor Program, Mas Ricky Setiawan, tentang pra-event LOVE DONATION 2012 yang diadakan di Malang tanggal 19 January 2012 lalu. Ada live band dan stand up comedy segala! Ternyata, event ini sudah mendapat persetujuan Mentor Program, Program Director, dan Ketua Event. Siapa penggagasnya? YOT CA dari Universitas Brawijaya, @SatrioMulyo. Event ini dibuat untuk menggalang dana untuk penderita Thallasemia, yang menjadi target penerima donasi event LOVE DONATION 2012 ini. Great inisiatif, Satrio!

Beberapa hari sebelum acara, saya sempat bbm Eva, menanyakan promosi event ini. Saya bilang, “Eva, percuma persiapan event yang matang kalau tidak ada promosi yang baik, orang-orang ngga akan tahu, dan eventnya ngga akan sukses.” Eva langsung memborbardir saya dengan info apa saja yang sudah dia beserta tim lakukan, termasuk list di radio apa saja LOVE DONATION 2012 akan dipromosikan! Bbm Eva membuat saya tenang dan yakin 100% bahwa event ini akan berlangsung dengan baik.

Meski demikian, saya menyempatkan untuk datang ke Technical Meeting di H-1, karena suksesnya suatu event juga ditentukan dari apakah semua pihak tahu secara jelas apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab mereka. Meeting dimulai on time, dan semua persiapan terlihat tidak ada masalah. Dan, ternyata Technical Meeting dengan pihak Grand Indonesia sudah dilakukan di H-2.

Keadaan tempat acara yang disediakan oleh GI, yang besarnya 8x dari tempat acara LOVE DONATION tahun lalu, baru terdekorasi sekitar 30%. Tapi anehnya, ketika meninggalkan meeting tersebut, tidak ada perasaan risau sedikitpun. Entah kenapa!

HARI PERTAMA

Ketika saya datang sekitar pukul 11.00, meski dengan budget yang minim, ruangan sebesar 1,000 meter persegi sudah terdekorasi dengan baik!

Karena penyelenggara event ini adalah YOT CA, maka event dimulai TEPAT pukul 13.00. MC cantik Risca Andalina dan pemenang L-Men 2011 langsung membuka event ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan speech dari Eva, saya, dan mas Thoriq yang merupakan perwakilan dari PMI Pusat.

Mas Thoriq menjelaskan bahwa idealnya, sebuah Negara memiliki stok kantong darah sebanyak 2% dari jumlah penduduknya. Jadi kalau Indonesia sekarang ada 240 juta jiwa, berarti kita harus punya 4,800,000 kantong darah SETIAP TAHUNnya. Kenyataannya? Pada jaman sebelum Pak Jusuf Kalla menjadi Ketua PMI, Indonesia hanya berhasil mendapatkan 2 juta kantong darah setiap tahunnya. Nah, semenjak Pak JK menjadi Ketua PMI, dengan kampanyenya ‘menjadikan donor darah sebagai lifestyle’ dan dengan strateginya untuk menghampiri massa: ke mall dan universitas, PMI berhasil mendapatkan 3.5 juta kantong darah setiap tahunnya. Puji Tuhan! Namun, belum cukup,.. masih kurang 1.3 juta kantong darah lagi setiap tahunnya.

Video kata sambutan dari Pak JK khusus untuk LOVE DONATION yang berdurasi kurang lebih 1 menit dipertontonkan ke para pendonor yang sudah hadir. Intinya, Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini. Siapa yang bisa membuat Pak JK beserta istri meluangkan waktu untuk merekam video ini? I dont know…

Anyway, pendonor mulai berdatangan, dan acara pun dibuka oleh para musisi yang menyumbangkan waktu, tenaga, dan lagunya untuk menghibur kami semua. Diantara yang hadir ada @MelanieSubono, Boyz to Boyz, dan stand up comedy oleh Pandji Pragiwaksono. Melanie seperti biasa, dengan kata-kata pengantar antar lagunya yang inspiratif.. ngga pernah lelah untuk mengajak yang mendengarkannya untuk menjadi orang-orang yang bermanfaat di dunia.

Pandji ngapain? Jelas nyela seorang perempuan yang pakai baju macan tutul, sampe ngebahas tentang pengalamannya mengorder ‘tai’ (nama menu makanan) di resto Jepang. Mereka datang dan mensupport acara ini tanpa meminta bayaran sepeserpun. Yes, mereka adalah orang-orang yang memiliki jiwa besar. Talkshownya diisi oleh beberapa narasumber, termasuk @Justsilly, penggagas @Blood4LifeID, sebuah akun twitter yang khusus untuk memberikan info-info tentang keperluan darah bagi yang membutuhkan. Di akhir acara, MC kondang yang ‘super berisik dan rame’ @Fitrop membuat kita semua yang ada di event LOVE DONATION 2012 tertawa-tawa. Berbagai kata-kata rayuannya dia berikan untuk seorang staff Grand Indonesia yang dia paksa untuk maju ke depan. Kalau ada Fitri Tropica, ya pasti ada yang dikerjain, jangan heran.

Anyway, acara selesai tepat pukul 17.00. Jumlah pendonor di hari pertama: 287 orang, yang gagal 79 orang (karena kurang sehat, kurang tidur, tekanan darah rendah dan sebagainya). Dengan demikian, jumlah kantong darah yang berhasil kami dapatkan untuk PMI: 208 kantong darah.

Setelah tempat acara ditutup untuk pendonor dan pengunjung, evaluasi hari pertama pun digelar. Dipimpin oleh Eva Sang Ketua, semua Ketua Divisi event LOVEDONATION diwajibkan untuk memberikan evaluasinya.

HARI KEDUA

Saya hadir sekitar pukul 12.30. Suasana tempat acara tidak seramai pukul 11.30 hari kemarin. Saya rasa karena Car Free Day yang dilakukan sepanjang Thamrin-Sudirman dari pukul 06.00-12.00. Namun pada pukul 12.45, sudah ada sekitar 20 pendonor yang sudah datang dan dengan santai menunggu volunteer dari PMI untuk men-tensi dan mengecek darah mereka.

Seperti layaknya acara-acara YOT, acara dimulai tepat pukul 13.00. Saya ketika itu sedang bersama mas Arifin Sudarmono, salah satu petinggi BNI46 yang datang sendiri untuk mendonorkan darahnya. Dia melihat jam tangannya dan bilang, “Wah, YOT… hebat. Selalu tepat waktu.” Hanya rasa bangga yang saya rasakan detik itu.

MC di hari kedua adalah YOT CA Risca dari UPH dan YOT CA Grace Wiradjaja dari Untar. Kembali acara dibuka dengan kata sambutan dari Ketua LOVE DONATION 2012 Eva, kemudian oleh Program Director YOT CA Palmira, dan Ibu Rini selaku Ketua Yayasan Thallasemia. Ibu Rini menjelaskan sedikit tentang penyakit ini dan menggarisbawahi bahwa penyakit ini tidak menular. YOTers tahukah bahwa penderita penyakit ini harus menerima donor darah 1x/bulan semasa hidupnya?

Belajar dari kesalahan hari pertama dimana terjadi penumpukan pendonor di bagian cek darah, Mentor Program YOT CA Ricky Setiawan bersama dengan YOT CA Fatimah membuat proses ini jauh menjadi lebih efisien. Yang mengakibatkan, saya harus ‘bertugas’ sedikit di area pengambilan darahnya.. karena terjadi penumpukan pendonor yang siap untuk diambil darahnya.

Sementara acara sendiri yang selalu diawasi oleh Ketua Seksi Acara Steffira berjalan semakin seru. Jamaica Café yang tahun lalu juga datang untuk menyumbangkan waktu, tenaga, dan lagunya di LOVE DONATION 2011 kembali menggoyang seluruh pengunjung hari ini. 2 utusan Puteri Indonesia juga datang, salah satunya adalah YOT CA Andi Natassya. Rendy Ahmad (Arai/Sang Pemimpi) yang dengan inisiatifnya mengirimkan ke email pribadi saya karena mau menyumbangkan lagu di LOVE DONATION 2012 juga hadir dan nyanyiin beberapa lagu secara akustik. TOP!

Beberapa teman juga hadir, antara lain @Junas19 Bossnya Prambors, @Mad_BC Flo mantan penyiar Kis fm, Corry dari Starbucks, hingga @JoseCarol, Senior Pastor JPCC. Yang menarik adalah ketika Jose datang dengan tergesa-gesa karena dia harus memimpin Gerejanya 45 menit lagi dan bertanya ke saya, apakah akan sempat? Saya mengiyakan, dan prosesnya pun berjalan lancar sehingga dia pun bisa langsung pergi meninggalkan tempat acara begitu selesai pengambilan darahnya. Semoga dia tidak terlambat memimpin servicenya. Kalau tadi telat, tolong salahkan para volunteer dari PMI ya Jose. Ha ha, just kidding.

By the way, antrian semakin banyak. Pada pukul 15.30, YOT CA Satrio yang in-charge di area dalam bilang ke saya bahwa kantong darah yang sudah terkumpul adalah sebanyak 110 kantong. Baru 1/3 dari yang kami targetkan di hari kedua! Sempat merasa cemas, tapi semua hilang ketika melihat antusias para pendonor yang berdatangan semakin banyak.

Mundur 1 tahun ke belakang. Saya sempat menangis ketika ada seorang petugas pembersih (office boy) Grand Indonesia yang ketika diminta oleh Mentor Kesehatan YOT CA Yonatan untuk mendonorkan darahnya bilang, “Oh, saya juga boleh donor ya mas?” Sungguh, perasaan saya kala itu terharu luar biasa, karena petugas pembersih tersebut langsung meletakkan sapu dan perlengkapannya dan mendaftar untuk mendonorkan darahnya. Di tahun ini…

Highlight dari acara LOVE DONATION 2012 untuk saya adalah ketika saya kembali tidak dapat menahan air mata.. ketika anak-anak dari Yayasan Thallasemia (penderita) naik ke panggung untuk bernyanyi. Mereka menyanyikan beberapa lagu dan membacakan puisi yang intinya: Meminta tolong Tuhan untuk menyembuhkan penyakitnya. Mereka juga menyanyikan lagu “Laskar Pelangi” dan “We Are The Children”.

Saya sempat twit: “Siapa yg msh ngeluh males kerja, males kuliah?!? BERSYUKURLAH kalian sehat! #LOVEDONATION2012 @YOTenergy”

Saya sempat ngobrol sama @CharlesBonar, penulis buku yang royaltinya disumbangkan untuk Yayasan Thallasemia, dia bilang bahwa penderita Thallasemia tahu bahwa mereka tidak akan berumur panjang. Penderita anak-anaknya jauh lebih besar jumlahnya dari penderita umur 25 tahunan. Pertanyaannya, ke mana mereka? Kebanyakan dari mereka pergi meninggalkan dunia. Bayangkan, meski melakukan penambahan darah setiap bulan, mereka sadar bahwa hidup mereka tidak panjang. Masih mau ngeluh dengan ‘kerasnya’ dunia yang YOTers hadapi?!?

Acara dilanjutkan dengan penampilan stand up comey dari Acho dan Ryan. Kembali pengunjung dibuat ketawa; juga ada talkshow tentang Thallasemia bersama Charles Bonar Sirait dan Imelda Francisca, Miss Indonesia 2005. Dan, sesuai rundown acara, acara pun ditutup dengan penampilan dari seorang teman yang kali ini juga adalah untuk kedua kalinya dia tampil menyumbangkan waktu, tenaga, dan lagunya untuk para pendonor LOVE DONATION. Ya, dia tahun lalu juga hadir,.. siapa lagi kalau bukan @Jflowrighthere. Dia membawakan 2 lagu: “WOW” dan “We Are One”, dari album terbarunya #DreamBrave. Setelah nyanyi, dia mendonorkan darahnya. Luar biasa! Ganteng, talented, berjiwa besar! Tapi koq masih single? Come on ladies… loh?!

Meski itu adalah acara terakhir di rundown, MC tidak juga menutup acara karena yang ngantri donor masih puluhan orang. MC dan panitia pun sempat ber-karaoke ria, menyanyikan beberapa lagu, diantaranya “The Greatest Love of All”nya almarumah Whitney Houston yang meninggal tadi pagi, dan “Hero”nya Mariah Carey. Akhirnya pada pukul 18.00, seluruh pendonor sudah diambil darahnya oleh para volunteer dari PMI.

Panitia semua berkumpul, berfoto ria, dan melakukan toss yang dipimpin Sang Ketua Eva: “LOVE DONATION 2012”, disambut dengan “SUKSES” oleh semua panitia dan volunteer. Setelah semua pengunjung meninggalkan tempat acara, evaluasi hari kedua pun digelar; harapannya: tahun depan harus lebih baik lagi.

Hari kedua, jumlah pendonor 348 orang, yang tidak lolos cek darah sebanyak 90 orang, sehingga jumlah kantong darah yang terkumpul: 258!

Dengan demikian, LOVE DONATION 2012 berhasil mengumpulkan:
- Sumbangan untuk Yayasan Thallasemia: dari YOT >Rp.20,000,000 dan 3 alat springer pump senilai Rp.11,000,000, dari BNI46 Rp.45,000,000, dari tokobagus.com 1 buah alat, dan dari Nutrifood 1 buah alat.
- 466 kantong darah untuk PMI. Ini dibawah target kami yaitu 500 kantong darah. Namun kami tetap bersyukur karena ini jauh lebih baik dari jumlah kantong darah di LOVE DONATION tahun lalu sebanyak 147 kantong darah. 3x lipat!

Akhir kata, terima kasih on behalf of Komunitas YOT kepada:
- PMI berikut seluruh jajaran volunteernya
- Para sponsor: Grand Indonesia, BNI46, tokobagus.com, Nutrifood, Coca Cola, Starbucks
- Semua media partner
- Para donatur
- Semua pengisi acara
- Semua VIP dan tamu undangan
- Semua anggota panitia volunteer diluar YOT CA
- Semua PENDONOR!

Dan, yes I’m speechless. I’m grateful. I feel blessed. I am proud of YOT CAs 2011-2012!

Terima kasih sudah membaca tulisan saya tentang LOVE DONATION 2012. Inilah caranya para MALAIKAT merayakan Valentine’s Day… berbagi kasih BUKAN hanya kepada orang yang kita sayangi/kenal, tapi untuk someone out there yang membutuhkan setetes darah kita. Semoga tagline LOVE DONATION 2012 menjadi kenyataan, “YOUR TRUE LOVE SAVES PEOPLE’S LIVES”, Amin.

See you ON TOP, Happy Valentine’s Day 2012 YOTers!
@BillyBoen

PS: Foto-foto bisa dilihat di http://www.facebook.com/media/set/?set=a.3354264419668.163046.1360674909&type=1

  




By : Billy Boen

Posted on February 12, 2012 read:1,453

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter