Waspada! 5 Makanan Sehat yang Bisa Berbahaya bagi Tubuh

 

Hi YOTers! Tahukah kamu bahwa terdapat makanan yang selama ini kita anggap sebagai makanan sehat, namun ternyata makanan tersebut bisa sangat berbahaya bagi tubuh. Apa saja itu? Yuk simak penjelasan berikut!

1.      Minyak Zaitun

Zaitun merupakan salah satu dari jenis buah yang kemudian banyak diolah menjadi minyak. Minyak zaitun mengandung segudang kebaikan sehingga dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, diantaranya yaitu untuk kecantikan dan untuk bahan masakan. Namun, minyak zaitun dapat berubah menjadi bahan yang berbahaya apabila digunakan untuk menggoreng telur, steak, atau makanan lainnya. Mengapa demikian? Ketika minyak zaitun dipanaskan, maka kandungan di dalamnya akan berubah menjadi karsinogenik yang merupakan racun bagi tubuh.

2.      Seledri

Jenis dedaunan yang satu ini sangat akrab bagi orang-orang yang senang memasak karena keberadaannya sangat dibutuhkan untuk menambah cita rasa masakan agar menjadi lebih nendang! Akan tetapi, seledri bisa menjadi racun bagi tubuh apabila dimasukkan ke dalam sup yang sedang dimasak.

3.      Jamur

Sama halnya dengan seledri, jika dimasak terlalu lama, maka jamur pun dapat berubah menjadi racun bagi tubuh manusia.

4.      Kentang

Nama kentang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Kentang sangat sering dijadikan pelengkap dalam masakan ataupun menjadi makanan utama karena kentang mengandung karbohidrat. Namun, tidak semua kentang baik untuk dikonsumsi, contohnya saja kentang hijau. Kentang ini mengandung racun yang dikenal dengan nama solanin. Jika mengonsumsi kentang ini, maka dapat menyebabkan muntah-muntah lalu berujung pada serangan jantung.

5.      Apel

Hal yang berbahaya pada buah ini bukan terletak pada daging buah, jenis, maupun cara mengolahnya, namun terletak pada bijinya. Pada saat mengonsumsi apel, jangan menelan bijinya karena biji apel mengandung amygdalin yang apabila menyatu dengan enzim pencernaan akan menghasilkan senyawa hidrogen sianida. Senyawa ini dapat mengakibatkan kematian dalam hitungan menit saja apabila dikonsumsi dalam jumlah yang besar.

            Itulah kelima makanan sehat yang bisa berubah menjadi racun bagi tubuh. Namun, jangan merasa takut untuk mengonsumsi kelima makanan tersebut. Hanya saja, diperlukan keteliatian dan kehati-hatian mulai dari memilih, mengolah, dan mengonsumsinya. Keep healthy! J

 

Sumber: liputan6.com/health

11 Desember 2015. 11:25 WIB

  




By : Mory Wulandari

Posted on December 11, 2015 read:122

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter