When You Started Something

Beberapa hari yang lalu, ada satu pertanyaan yang masuk ke akun ask.fm saya, yang meminta saya untuk memberikan pesan kepada mahasiswa baru UI 2014. Saya jadi terinspirasi untuk menuliskan kembali jawaban saya saat itu dengan lebih jelas dan lebih umum di tulisan ini. Tidak hanya untuk mahasiswa baru, namun bagi kita semua yang sedang memulai sesuatu.

WHEN YOU STARTED SOMETHING

1. Congratulate Yourself!
Ya, yang pertama saya ingin mengucapkan selamat bagi kalian yang sudah berhasil memulai sesuatu, karena banyak orang yang berhenti bahkan sebelum sempat memulai. Entah karena suatu hambatan tenaga, musibah, atau finansial, maupun kesalahan sendiri. Maka bersyukurlah kita yang sudah bisa dan mau memulai sesuatu, apapun bentuknya, dan silakan beri ucapan selamat kepada diri kita masing-masing, agar kita senantiasa bersyukur.

2. Feel It!
Kalau kita renungkan atau bayangkan keadaan di masa depan, tentu kita tahu akan ada masanya kita akan lelah atau jenuh dengan apa yang kita lakukan. Kuliah atau berorganisasi, misalnya. Untuk mengatasinya, kita perlu terus mendapat suntikan motivasi secara konsisten. Ingatlah, yang paling bisa memberikan suntikan motivasi kepada diri kita secara konsisten adalah diri kita sendiri, bukan orang lain. Dan salah satu bentuk motivasi terbesar menurut saya adalah mengingat kembali perasaan kita saat kita memulai sesuatu itu : membuat mimpi, senang, excited, bergelora, penuh ide besar, dll. Maka rasakan benar-benar momen itu, saat kalian tersenyum pertama kalinya karena mimpi itu, saat kalian pertama kalinya melangkahkan kaki ke suatu tempat, atau saat pertama kalinya mendapatkan status mahasiswa. Karena rasa-rasa itu, momen-momen itu, akan sangat indah jika kita kenang kelak.

3. Be Prepared!
Jangan terlena dengan apapun yang telah kita lakukan. Saat kita telah memulai sesuatu, segera matangkan rencana yang telah ada sebelumnya. Misalkan, kita sudah berencana kuliah di universitas A. Setelah diterima, kita langsung membuat rencana dan target untuk dicapai selama berkuliah, baik itu nilai, kegiatan, dunia kerja, dll. Dengan demikian, hidup kita bisa lebih terarah, terstruktur, dan tidak menggantung, apalagi galau antara banyak pilihan suatu saat.
Namun, merencanakan hidup bukan berarti membuat hidup kita jadi kaku dan tanpa petualangan. Tetap buat rencana-rencana yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan di masa yang akan datang. Petualangan yang baik adalah petualangan yang terencana, dengan kita sudah siap menghadapi apapun yang kita hadapi nantinya. Petualangan tanpa persiapan memang terkadang malah membuat perjalanan lebih seru. Tapi kita tetap butuh landasan-landasan tersendiri.

4. Have Fun!
Terapkan prinsip Love What You Do disini. Jadikan apapun yang kita lakukan sebagai apa yang kita cintai. Jalani dengan sebaik-baiknya. Karena menurut suatu penelitian, rasa cinta dan passion juga timbul karena terasahnya keterampilan kita akan suatu hal. Jangan jadikan passion sebagai excuse bagi kita untuk tidak melakukan sesuatu dengan baik, atau lari dari sesuatu yang telah kita mulai. Yakinlah, jalan apapun yang kamu ambil, akan jadi yang terbaik. Selesaikan apa yang telah kita mulai.

Teman-teman, itu sedikit pandangan dari saya tentang bagaimana kita saat memulai sesuatu. Semoga bermanfaat ya! :)

Teuku Yuza Mulia
Young On Top Campus Ambassador
Universitas Indonesia

@yuzamulia | yuzamulia.wordpress.com
 

  




By : Yuza Mulia

Posted on August 08, 2014 read:221

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter