Yang Terlewatkan

YOTers, jadi saya mau cerita lagi nih. Baru-baru ini, saya membuat kesepakatan dengan seorang teman untuk membaca kembali buku-buku acuan utama di beberapa mata kuliah penting di jurusan kami. Walaupun sudah lulus (alhamdulillah, baru lulus hehe), karena punya tujuan untuk menjadi pengajar, maka saya setuju karena merasa perlu untuk terus menjaga otak agar tetap terlatih dalam memahami pelajaran dan mengerjakan soal. Jadi, kami membuat janji untuk bertemu seminggu 2x dan membahas 1 bab per pertemuan.

Saya ingat, di jurusan saya, biasanya beberapa dosen di beberapa pelajaran melewatkan bab pertama yang berisi pendahuluan dan beberapa review istilah penting karena mahasiswa dianggap sudah tahu dari mata kuliah sebelumnya. Jadi, biasanya materi-materi tersebut benar-benar dilewatkan, atau ada yang disarankan untuk dibaca. Tapi ya biasanya lewat begitu saja.

Nah, ada satu hal yang saya dapati menarik ketika mencoba mulai membaca buku pelajaran dari awal. Bab-bab yang biasanya terlewat itu ternyata sangat penting untuk dibaca. Banyak konsep-konsep dan keterhubungan yang dijelaskan antara materi yang ada di buku/kuliah lain dengan materi keseluruhan buku ini. Selain itu, di bagian itu juga sering ada cerita menarik tentang tokoh-tokoh yang menemukan hal-hal yang ada. Banyak hal lain yang saya rasa terlewatkan ketika dulu melewatkan bagian itu.

YOTers, saya yakin ketika kita membaca buku dan melihat sekilas bahwa materi yang ada pernah kita pelajari dan terlihat mudah, kita melewatkannya, biasanya dengan alasan efektivitas dll. Apalagi buku sains, yang biasanya hanya melihat teori dan rumus saja. Sebaiknya jangan lewatkan bagian-bagian tersebut karena itu biasanya mengandung juga bagian-bagian penting yang perlu dipelajari dan diketahui.

Buku itu indah, setiap hurufnya, setiap halamannya, setiap “jiwa” yang terkandung di dalamnya. Jangan sia-siakan, baca, pahami, dan beraksi lah dari buku :)

  




By : Yuza Mulia

Posted on January 23, 2016 read:38

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter