YOU DECIDE YOUR FUTURE

Halo YOTers, gimana kabarnya?

Pernahkah YOTers meninggalkan impian atau mengubah tujuan karena orang orang terdekat YOTers berkata ‘JANGAN, ...’? Jika jawabannya adalah iya, cobalah luangkan waktu untuk membaca gambaran cerita dibawah ini.

Alkisah di suatu pulau, hiduplah sepasang remaja bernama Andi dan Ranu. Keduanya memiliki ambisi yang sama, yaitu pindah ke pulau seberang yang konon katanya lebih indah dan menarik. Mendengar niat tersebut, rekan rekannya dan masyarakat sekitar hanya bisa menasehati agar jangan pergi kesana karena sangat berbahaya. Sudah banyak warga yang tidak mampu menyeberang karena pulau tersebut dipisahkan oleh danau yang di huni banyak buaya. Mendengar hal tersebut,  Ranu mengurungkan niatnya. Namun berbeda dengan Andi,  ia terus mencari cara untuk menyeberangi pulau itu.  Setiap hari ia berusaha merakit sebuah perahu rotan kecil yang akan digunakannya untuk menyeberang ke pulau itu. Ketika ia merakit perahu rotannya, Andi selalu diberitahu untuk menghentikan niatnya seperti Ranu, karena apa yang dilakukannya sangatlah berbahaya. Andi sangat menghargai nasihat itu, dan ia berkata, "Terimakasih, tetapi saya harus mencobanya karena pulau itu adalah impian saya sejak kecil."Akhirnya, Andi mulai menyeberangi pulau dengan perahu rakitannya dengan disaksikan beberapa penduduk sekitar. Setelah dua hari berlayar,  akhirnya sampailah Andi ke pulau impiannya. Ranu yang sudah mengurungkan niatnya setiap hari hanya bisa berdiri di tepi danau dan menatap pulau dari kejauhan.

Cerita ini menggambarkan bagaimana seseorang mampu menggapai impiannya karena usaha dan pola pikir yang positif. Jika YOTers perhatikan, terdapat tiga karakter dalam cerita tersebut:

  1. Andi adalah orang yang pantang menyerah, selalu melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang positif.
  2. Ranu adalah orang yang takut menghadapi tantangan.
  3. Rekan rekan Andi adalah orang-orang yang mudah menyerah.

Karakter karakter tersebut selalu ada dalam lingkungan kita. Tidak peduli rekan YOTers termasuk karakter yang mana, tetapi yang terpenting adalah YOTers termasuk karakter yang mana? Karena bukan orang lain yang menentukan hidup kita, melainkan diri sendiri yang menentukan sejauhmana kita akan maju dan sukses.

Buaya buaya yang ada di danau tersebut tidak akan pernah pindah, sama halnya tantangan dalam hidup pun tidak pernah hilang. Permasalahannya bukan berapa banyak buaya yang ada di pulau itu atau seberapa banyak tantangan yang ada dalam hidup kita, tetapi seberapa besar antusiasme kita dalam menghadapi tantangan itu atau kita justru memilih untuk mundur.

Setiap orang boleh memiliki sebuah impian besar. Namun impian tersebut hanya akan menjadi sebuah mimpi yang indah jika orang tersebut tidak pernah memiliki semangat untuk menggapainya. Ketika YOTers sudah menentukan tujuan hidup, faktor utama yang menentukan tercapai atau tidaknya tujuan adalah diri YOTers sendiri, bukan keluarga, bukan rekan terdekat, juga bukan pasangan hidup YOTers. Itu karena YOTers mungkin tidak pernah tahu bahwa pengaruh eksternal terkadang bisa sangat positif dan memotivasi tetapi bisa juga menjadi begitu negatif dan mengecilkan nyali. Faktor eksternal akan selalu ada dan tidak dapat dihindari, oleh karena itu kunci utamanya adalah diri kita sendiri, seberapa kuat sikap mental dan keyakinan akan impian itu. Semoga YOTers tidak takut dengan menghadapi tantangan dan tidak termasuk dalam orang orang yang mudah menyerah ya. See you on top !

 

 

 

Regards,

Devina Wulandari

  




By : Devina Wulandari

Posted on December 09, 2015 read:83

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter