YOUR WORDS CAN CHANGE SOMETHING

Halo YOTers, apa kabar?

Apakah YOTers pernah mendengar istilah “lidah tak bertulang”, “mulut yang berbisa”, atau yang sekarang lagi trend, “mulutmu harimaumu”? Kata kata itu pada dasarnya hanya ingin mengingatkan kepada kita untuk berhati hati dalam bertutur kata. Sadar atau tidak, kata kata apapun yang keluar dari mulut kita dapat memberikan dampak bagi diri sendiri maupun lingkungan disekitar kita.

Pernahkah YOTers berhadapan dengan seseorang yang ucapannya begitu “pedas”? Yang lembut dan sopan? Atau malah yang lebih politis yaitu mengeluarkan pernyataan yang diplomatis tetapi sangat mengenai sasaran? Persepsi YOTers terhadap orang tersebut pasti bisa berbeda sesuai dengan cara mereka bertutur kata. Namun, sebelum kita menilai orang lain, ada baiknya jika kita melihat diri kita terlebih dahulu. Kata kata apapun yang keluar dari mulut kita bisa menimbulkan berbagai macam dampak. Kita dapat dihujat dan dibenci, atau malah membuat kita disenangi. Kata kata kita dapat membangkitkan semangat orang lain dan memotivasi, atau sebaliknya malah dapat mengecilkan nyali seseorang dan membuatnya kehilangan motivasi.

Apakah memang sedahsyat itu efek dari kata kata yang kita ucapkan? Cobalah YOTers mengikuti acara seminar motivasi atau training sejenisnya dan amati perilaku para pesertanya. Rata rata mereka akan menjadi lebih bersemangat dari sebelumnya. Mereka tidak makan obat ataupun suplemen selama training, mereka hanya mendengarkan perkataan si pembicara yang mampu memotivasi seluruh peserta. Itu yang dapat saya simpulkan dari menghadiri acara YOTNC 2015 lalu. Disisi lain, saya pernah menonton berita kriminalitas yang disiarkan di TV: ‘Hanya karena sakit hati atas perkataan sang majikan, seorang pembantu berani menghabisi nyawa majikannya sendiri.’ Dua kondisi yang sangat jelas perbedaannya dimana yang satu memberikan efek positif dan yang lainnya justru membawa dampak yang buruk. Pemicunya bisa disimpulkan sama, yaitu words. Tetapi isi dari pemicu yang berbeda, good words dan bad words. Kata kata merupakan hal yang terkadang kita anggap sepele dan tidak terlalu menjadi perhatian utama kita bahkan sering kita abaikan kan YOTers? Apalagi ketika kita sedang emosi, kata kata yang keluar pun menjadi tidak terkendali. Small things will bring huge impacts.

YOTers, siapapun diri kita, entah seorang pimpinan dalam organisasi/perusahaan, manajer, staff, atau bahkan seorang public figur, yang perlu kita ingat adalah kata kata yang kita ucapkan dapat memengaruhi lingkungan sekitar atau orang terdekat kita. pengaruh positif bagi mereka atau diri kita sendiri, pengaruh negatif terhadap diri kita atau lingkungan, semuanya kita sendiri yang menentukan melalui apa yang keluar dari mulut kita.

 

 

 

Regards,

Devina Wulandari

  




By : Devina Wulandari

Posted on December 09, 2015 read:102

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter