YUK, Bangun Networking

 

Dear all,

Semoga selalu mendapat rahmat dari Tuhan.

Di artikel ini, saya akan sharing tentang apa yang saya dapat dari Young On Top Campus Ambassador (YOTCA) Monthly Meeting November (29/11) kemarin. Ini bukan tentang bagaimana menjadi orang kaya. Ini adalah tentang membuat jaring-jaring pertemanan luas. Networking!

Saya tidak akan membahas secara detail tentang networking, tapi saya akan langsung memberikan tips bagaimana menciptakan networking yang baik saat kita sedang ikut serta dalam pertemuan seperti seminar.

Sebagai mahasiswa, saya tahu betul betapa antusiasnya ketika kita mendapat informasi seminar gratis. Ada beberapa alasan kenapa mahasiswa sangat bahagia mendapat kabar adanya seminar gratis. Pertama, mendapat sertifikat yang (katanya) berguna untuk kelulusan. Kedua, untuk memeroleh ilmu. Namun, mungkin hanya beberapa mahasiswa yang niatnya adalah nomor dua.

Lebih jauh lagi, sebenarnya seminar bisa kita gunakan untuk membangun networking. Bagaimana caranya? Tidak ada cara pakem untuk menerapkannya. Namun, hal pertama yang harus dilakukan adalah memupuk kepercayaan diri. Ya, dengan begitu, kita tidak akan malu atau sungkan untuk menyapa seseorang karena membangun networking adalah tentang komunikasi.

Di dalam seminar, banyak sekali peserta yang berasal dari berbagai latar belakang. Kita harus berani untuk berkomunikasi dengan mereka. Hal itu adalah cara pertama untuk membangun networking. Di momen itu kita bisa bertukar kartu nama (make sure kamu punya ya).

Namun jangan lupa, ketika ingin membangun networking, jangan hanya mencari orang-orang yang kelihatan keren atau hanya orang yang sudah terkenal saja. Kita tidak tahu, in the future, mereka akan jadi apa. Jadi, bangun networking seluas-luasnya.

Lalu bagaimana untuk maintan itu semua agar tetap menjaga komunikasi? Tips simplenya, ajak mereka berfoto bersama, minta username Twitter-nya, setelah itu, mention mereka dengan foto yang sudah kalian ambil bersama tadi. So, bagaimana? Semoga bermanfaat. Mari membangun networking.’

Meet me @azulfiyan.

 

  




By : Ahmad Zulfiyan

Posted on December 02, 2014 read:146

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter