Yuk Donor Darah

Yuk Donor Darah

            Halo YOTers. Kali ini saya akan bercerita sedikit mengapa saya mengajak teman-teman untuk donor darah. Sebelumnya, saya mau tanya nih. Apakah ada diantara teman-teman yang belum pernah donor darah? Atau apakah ada diantara teman-teman yang ingin donor darah tetapi tidak bisa? Mungkin sebagian dari teman-teman yang ingin donor darah tetapi tidak bisa donor darah adalah karena hemoglobinnya kurang, berat badan tidak mencukupi, ataupun tekanan darah yang rendah. Untuk teman-teman yang mengalami hal seperti ini, sabar ya (termasuk saya). Makanlah makanan bergizi seimbang agar hb dan tekanan darah bisa mencapai normal. Untuk lebih jelas mengenai makanan gizi seimbang tersebut, bisa baca artikel saya sebelumnya (http://www.youngontop.com/notes/pedoman-umum-gizi-seimbang-cp2wqaoe).

            Kembali ke topik utama. Bagaimana dengan teman-teman yang belum pernah donor darah karena tidak ingin melakukannya dengan alasan takut darah atau takut suntiknya ga steril? Ya ampun. Tenang saja. Setiap peralatan donor darah dipastikan steril. Untuk yang takut darah, mungkin selagi darahnya diambil, bisa sambil tidur biar tidak keliatan.

            Mengapa harus donor darah? Jaawabannya adalah karena banyak sekali manfaat donor darah. Berikut beberapa manfaat dari donor darah:

1.      Mempertahankan Kesehatan Jantung

Menurut Harvard Medical School Family Health Guide, kekentalan darah diketahui menjadi faktor pemersatu untuk risiko penyakit kardiovaskular. Seberapa tebal dan lengket darah dalam tubuh dan berapa banyak gesekan darah  dalam tubuh diciptakan melalui pembuluh darah dapat menentukan berapa banyak kerusakan yang dilakukan pada sel-sel yang melapisi arteri dalam tubuh. Tubuh dapat mengurangi kekentalan darah dengan mendonorkan darah secara teratur, dengan menghilangkan besi yang mungkin dapat mengoksidasi dalam darah. Peningkatan stres oksidatif dapat merusak sistem kardiovaskular.

Donor darah dapat mengurangi zat besi dan mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut penelitian dalam American Journal of Epidemiology, orang yang donor darah, 88% kecil kemungkinannya untuk menderita serangan jantung. Mengapa? Karena saat seseorang mendonorkan darahnya, besi menghilang (berkurang) dari sistemnya, dan secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2.      Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Penurunan penyimpanan besi dan zat besi dalam tubuh saat memberikan darah dapat mengurangi risiko kanker. Dalam sebuah Journal of National Cancer Institute disebutkan bahwa besi telah berperan untuk meningkatkan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh dan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dan penuaan.

3.      Membakar Kalori (Menurunkan Berat Badan)

Donor darah bisa membakar lebih kurang 650 kalori. Donor darah yang teratur setiap tiga bulan sekali, dapat menurunkan berat badan.

4.      Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Pengisian darah bisa baik untuk tubuh. Donor darah memungkinkan untuk penambahan suplai darah pendonor, yang membantu tubuh pendonor tetap sehat, berfungsi lebih efisien, dan bekerja secara produktif.

5.      Membantu Orang Lain

Tentunya dengan donor darah, kita dapat menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan darah.

Nah, sudah pada tahu bukan manfaat-manfaat dari donor darah?  Masih tetep tidak ingin donor darah? Selamatkan sesama dengan donor darah. Yuk Donor Darah!

 

 

Qonitah Azzahra

Gizi – Universitas Indonesia 

  




By : Qonitah Azzahra

Posted on November 21, 2015 read:220

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter