Zona Pewe

Comfort zone sering kali memiliki banyak persepsi. Ada yang bilang comfort zone itu adalah suatu keadaan santai dimana kita ya…. Benar-benar sedang menikmati moment bersantai kita dan tidak ingin melakukan apa-apa, dan ada juga beberapa orang masih bingung apa sih yang di definisikan dengan comfort zone?

Well, memang persepsi orang mengenai comfort zone akan berbeda-beda dan kita tidak bisa menyalahkan itu. Namun untuk tulisan ini, comfort zone yang dimaksud adalah suatu keadaan stagnan. Dimana tidak ada perubahan di dalam diri kita. Kita tidak ada perkembangan, yaa kalau di istilah kan “Maju tidak, mundur juga tidak”. Sepakat untuk ini?

Dalam tahap perkembangan, dibagi menjadi dua. Ada yang disebut comfort zone dan ada yang disebut growth zone. Pasti dari namanya saja YOTers sudah bisa membedakan mana yang keadaan benar-benar tidak berkembang dan mana tahap yang diartikan sebagai tahap kita sedang berkembang. Kira-kira bagaimana sih mengetahui kalau kita berada dalam comfort zone kita? Yang jelas, yang mengetahui diri kita itu adalah diri sendiri. Dan orang lain tidak bisa mendefinisikan kita sedang berada dalam comfort zone. Orang lain hanya bisa member masukan atau saran yang sekiranya bisa menyadarkan kita bahwa “Ohiya, gue ada di comfort zone”. Kadang kita yang harus punya awareness sendiri. Indikatornya kalau kita sudah merasa tidak ada tantangan/bosan.

Lalu bagaimanakah kita bisa keluar dari comfort zone? Pertama-tama kita juga harus mengetahui, apa yang menghambat kita untuk keluar dari comfort zone. Semua harus ada keputusan. Comfort zone ada yang memaksa ada yang terserah kita mau atau tidak. Inilah beberapa hal yang membuat orang takut pindah dari comfort zone.

1.      Orang takut akan perubahan. Triknya adalah kita harus punya plan agar ketika kita sudah move itu jelas.

2.      Ketakutan tidak bisa beradaptasi. Harus selalu coba untuk beradaptasi. Siapa tahu kedepannya bisa menjadi growth zone kita.

3.      Kegagalan. Takut gagal? Coba lagi.

4.      Minder.  Kita harus punya self confidence.

Mungkin inilah sedikit informasi yang mungkin dapat membantu YOTers yang sedang bingung tentang comfort zone. Ingat:

“There’s always reason when you move.”-Sirly W. Nasir

 

  




By : Eriska Nugrahani

Posted on November 21, 2015 read:73

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter