10 Cara Aman Konsumsi Buah Matoa

Cara Aman Konsumsi Buah Matoa – Buah matoa adalah buah tropis yang berasal dari Papua, Indonesia. Buah ini memiliki daging buah yang manis dan sedikit asam dengan tekstur yang lembut. Warna kulit buahnya bisa bervariasi mulai dari kuning, oranye, hingga merah muda. Nah, agar kamu bisa mengonsumsi buah matoa dengan aman untuk kesehatan, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

Baca Juga:

10 Cara Aman Konsumsi Buah Matoa untuk Kesehatan:

  1. Pilih yang matang: Pastikan memilih buah matoa yang sudah matang dengan warna kulit yang cerah dan aroma yang harum.
  2. Cuci bersih: Sebelum kamu memotong atau mengonsumsi buah matoa, cuci bersih dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida.
  3. Hindari biji yang keras: Saat memotong buah matoa, pastikan untuk membuang bijinya yang keras dan tidak dapat dimakan.
  4. Konsumsi dalam porsi yang moderat: Meskipun enak, jangan mengonsumsi buah matoa secara berlebihan karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan.
  5. Perhatikan alergi: Bagi yang memiliki alergi terhadap buah-buahan, perhatikan reaksi tubuh setelah mengonsumsi buah matoa.
  6. Hindari bagian yang busuk: Periksa buah matoa terlebih dahulu dan buang bagian yang sudah mulai busuk atau berubah warna.
  7. Jangan makan bijinya: Biji buah matoa tidak dapat dimakan dan sebaiknya tidak dikonsumsi.
  8. Simpan dengan baik: Jika tidak langsung dikonsumsi, simpan buah matoa dalam wadah tertutup di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya.
  9. Hindari penggunaan bahan kimia berbahaya: Saat mengolah buah matoa, hindari penggunaan bahan kimia berbahaya yang bisa merusak kandungan nutrisinya.
  10. Padukan dengan makanan lain: Buah matoa bisa dipadukan dengan makanan lain seperti yogurt, sereal, atau dibuat smoothie untuk variasi yang menyehatkan.

Nah, itu dia cara aman untuk konsumsi buah matoa dalam kehidupan sehari-hari. Selain fungsinya sebagai cemilan di bulan ramadhan aja, ternyata buah matoa memiliki banyak sekali fungsi lain yang baik untuk tubuh.

Kalo YOTers, tertarik untuk konsumsi buah matoa secara rutin, nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.