10 Cara Aman Mengatasi Sembelit

Cara Aman Mengatasi Sembelit – Udah coba segala metode, tapi tetep aja sembeli. Perut rasanya penuh dan nggak nyaman. Terus harus gimana biar bisa ngilangin sembelit? Waduh, jangan khawatir YOTers,  minYOT akan berbagi tips mengenai cara dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi sembelit. Ini dia beberapa tips yang dapat kalian terapkan:

Baca Juga:

10 Cara Aman Mengatasi Sembelit:

  1. Serat membantu mempercepat gerakan makanan melalui usus. Sumber serat yang baik termasuk buah-buahan, sayuran, sereal gandum utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  2. Konsumsi air yang cukup sangat penting untuk melunakkan tinja dan membantu pencernaan yang lancar. Pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari.
  3. Olahraga secara teratur dapat membantu merangsang pergerakan usus dan mengurangi sembelit. Cobalah untuk berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang.
  4. Cobalah untuk pergi ke toilet setiap hari pada waktu yang sama, terutama setelah makan. Ini dapat membantu melatih tubuh untuk memiliki jadwal buang air besar yang teratur.
  5. Jangan ditahan saat udah kebelet dan segera pergi ke toilet. Menahan tinja dalam waktu yang lama dapat mengeringkannya dan membuat sembelit lebih buruk.
  6. Kurangi konsumsi produk susu, daging merah, dan makanan olahan, karena dapat membuat tinja lebih kental.
  7. Hindari makan terlalu banyak makanan tinggi lemak dan gula serta makanan olahan. 
  8. Minum probiotik, seperti yogurt yang mengandung bakteri baik, dapat membantu menjaga keseimbangan mikroba dalam sistem pencernaan.
  9. Prunes (kurma kering) dikenal sebagai pencahar alami yang efektif. Anda dapat mencoba makan beberapa prunes setiap hari atau minum jus prune untuk membantu melancarkan pencernaan.
  10. Jika sembelit parah atau menjadi masalah kronis, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi. Untuk penanganan lebih lanjut dan meresepkan obat.

 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa YOTers terapkan untuk mengatasi Sembelit. Semoga dapat berkelebihan untuk kalian ya! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.