10 Cara Aman Mengobati Sariawan

Cara Aman Mengobati Sariawan- Pernah nggak sih waktu lagi makan terus nggak sengaja kegigit, dan jadi sariawan? Mana tiap makan rasanya perih dan jadi nggak nafsu makan, deh. Nah, maka dari itu disini minYOT hadir untuk berbagi cara dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengobati Sariawan. Ini dia beberapa tips yang dapat kalian terapkan:

Baca Juga:

10 Cara Aman Mengobati Sariawan:

  1. Bilas dengan Air Garam: Campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur selama 30 detik setelah makan. 
  2. Kompres Dingin: Letakkan kompres dingin (es batu dibungkus dalam kain bersih) di atas sariawan selama beberapa menit beberapa kali sehari.
  3. Hindari Makanan Pedas: Hindari makanan dan minuman yang bisa merusak luka, seperti makanan pedas atau asam, selama sariawan belum sembuh. 
  4. Hindari Makanan dan Minuman Panas: Makanan atau minuman panas dapat membuat sariawan lebih terasa. 
  5. Gunakan Salep: Beli salep atau gel yang dirancang khusus untuk mengobati sariawan di apotek. Oleskan secara langsung pada sariawan sesuai petunjuk.
  6. Permen Tenggorokan: Permen pelega tenggorokan atau permen khusus untuk sariawan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan memperlambat perkembangan sariawan.
  7. Makanan Lunak: Selama sariawan, hindari makanan keras atau tajam yang dapat menyebabkan iritasi tambahan. Pilih makanan lunak seperti yogurt, oatmeal, atau sup.
  8. Minum Air: Pastikan kamu tetap terhidrasi dengan baik. Minum banyak air untuk mencegah mulut menjadi kering, yang dapat memperburuk sariawan.
  9. Hindari Stres: Stres dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga hindari stres berlebihan yang dapat memperpanjang penyembuhan sariawan.
  10. Kebersihan Mulut: Jaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara lembut, menggunakan sikat gigi yang lembut, dan hindari sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar.

 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa YOTers terapkan mengobati Sariawan. Semoga dapat berkelebihan untuk kalian ya! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.