10 Cara Aman untuk Mencegah Angin Topan

Cara Aman Mencegah Angin Topan – Lihat berita akhir-akhir ini tentang isu lingkungan kok ngeri banget ya? Di berbagai daerah bencana alam kaya angin puting beliung sering banget terjadi. Terus harus gimana biar bisa mencegah angin puting beliung? Waduh, jangan khawatir YOTers,  minYOT akan berbagi tips mengenai cara dan upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah Angin Puting Beliung. Ini dia beberapa tips yang dapat kalian terapkan:

Baca Juga:

10 Cara Aman untuk Mencegah Angin Topan: 

  1. Pantau perkembangan cuaca secara teratur dengan menggunakan peralatan atau aplikasi cuaca yang dapat memberikan peringatan dini tentang cuaca buruk.
  2. Jika berada dalam area yang berpotensi terkena angin puting beliung, pahami rencana evakuasi dan tindakan yang harus diambil saat terjadi puting beliung.
  3. Pertimbangkan membangun atau memperkuat rumah dengan material dan desain yang tahan terhadap angin puting beliung. 
  4. Pastikan pintu dan jendela dapat menahan angin kuat. Dapatkan atau pasang tirai penahan angin untuk melindungi jendela dan pintu yang besar.
  5. Pastikan peralatan taman dan barang-barang ringan disimpan dengan aman di dalam ruang penyimpanan yang aman dan tahan angin.
  6. Hindari menumpuk sampah di area terbuka, terutama di halaman belakang. Sampah dapat menjadi proyektil yang berbahaya selama angin puting beliung.
  7. Pastikan pohon yang tumbuh dekat dengan rumah dipangkas secara teratur dan diperiksa untuk menilai risiko jatuhnya selama angin puting beliung.
  8. Siapkan kotak perlengkapan darurat yang berisi pakaian, selimut, makanan, air minum, senter, peralatan medis, dan alat komunikasi darurat.
  9. Lakukan pemeliharaan rutin pada rumah, termasuk atap, dinding, dan fondasi. Pastikan struktur rumah dalam kondisi baik.
  10. Tingkatkan kesadaran keluarga tentang bahaya angin puting beliung dan berikan pelatihan kepada anggota keluarga tentang tindakan yang harus diambil jika peringatan dini diberikan.

 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa YOTers terapkan untuk mencegah angin puting beliung. Semoga dapat berkelebihan untuk kalian ya! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.