10 Fakta Menarik Asnawi Pemain Timnas Indonesia

Fakta Menarik Asnawi Timnas – Asnawi Mangkualam Bahar adalah kapten Timnas Indonesia yang berbakat, lahir di Kota Makassar pada tanggal 4 Oktober 1999 dan merupakan putra dari legenda PSM Makassar, Bahar Muharram. Dibesarkan dalam atmosfer sepak bola dan dididik oleh ayahnya sendiri. Ia telah meraih berbagai prestasi baik di level klub maupun timnas, serta sukses membawa pulang trofi Piala Indonesia untuk PSM Makassar pada tahun 2019. 

Baca Juga:

10 Fakta Menarik Asnawi Pemain Timnas Indonesia U23:

  1. Lahir di Kota Makassar: Asnawi Mangkualam Bahar lahir pada tanggal 4 Oktober 1999 di Kota Makassar, Indonesia.
  2. Kapten Timnas Indonesia: Asnawi saat ini menjabat sebagai kapten Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong, menunjukkan kemampuannya sebagai salah satu pemain terkemuka dalam tim.
  3. Dididik oleh Ayah: Kepiawaiannya dalam sepak bola tidak lepas dari pengaruh ayahnya, Bahar Muharram, mantan asisten pelatih PSM Makassar, yang juga pemilik SSB Hasanuddin, tempat Asnawi belajar sepak bola.
  4. Perjalanan Awal Karir: Asnawi memulai karir sepak bola di SSB Hasanuddin sejak usia 10 tahun, sebelum akhirnya bergabung dengan akademi PSM Makassar pada tahun 2014. 
  5. Kisah di Persiba Balikpapan: Bersama Persiba, dia mencatatkan rekor sebagai pencetak gol termuda di ISC 2016.
  6. Sukses dengan PSM Makassar: Setelah singgah sebentar di Persiba, Asnawi kembali ke PSM Makassar, di mana dia membantu tim meraih trofi Piala Indonesia 2019, tampil dalam 60 pertandingan dengan 2 gol dan 5 assist.
  7. Karier Internasional: Asnawi telah meraih berbagai prestasi internasional dengan Timnas Indonesia, termasuk medali perunggu di SEA Games 2017 dan 2019, serta juara Piala AFF U-22 pada tahun 2019.
  8. Pindah ke Korea Selatan: Pandemi COVID-19 mempengaruhi karir Asnawi, yang memutuskan untuk pindah ke Korea Selatan. Dia bergabung dengan Ansan Greeners, sebelum kemudian pindah ke Jeonnam Dragons.
  9. Penghargaan dan Prestasi: Asnawi meraih berbagai penghargaan, termasuk Pemain Muda Terbaik Piala Indonesia 2019, serta masuk dalam Tim Terbaik Liga 1 pada musim yang sama. Dia juga pernah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik K League 2 pada bulan April 2021.
  10. Profil Pribadi: Asnawi Mangkualam Bahar memiliki tinggi 1,74 meter dan berposisi sebagai bek kanan. Dia memiliki orang tua yang mendukung karir sepak bolanya, dengan ayahnya Bahar Muharram dan ibunya Fatmawati Rasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.