10 Fakta Menarik tentang Kartu Kredit

Fakta Kartu Kredit

Fakta Kartu Kredit – Kartu kredit telah menjadi salah satu alat keuangan yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Meskipun sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang, masih ada banyak hal menarik tentang kartu kredit yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut adalah 10 hal yang menarik tentang kartu kredit:

10 Fakta Kartu Kredit

Baca Juga:

1. Fakta Kartu Kredit: Asal Usul

Kartu kredit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1950 oleh Diners Club, yang awalnya hanya digunakan di restoran tertentu di New York City.

2. Batas Kredit

Batas kredit pada kartu kredit Anda bukanlah jumlah uang yang sebenarnya tersedia untuk Anda pinjam. Ini adalah jumlah maksimum yang penerbit kartu kredit Anda bersedia Anda pinjam.

3. Tanggal Jatuh Tempo

Tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit Anda adalah tanggal terakhir untuk membayar tagihan Anda tanpa dikenakan denda keterlambatan.

4. Bunga

Bunga yang dikenakan pada saldo yang tidak dibayar penuh pada kartu kredit Anda disebut bunga tahunan (APR), dan ini bisa sangat tinggi, sering kali melebihi 20% per tahun.

5. Keamanan

Kartu kredit biasanya dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan, seperti chip EMV dan teknologi pembayaran nirkabel (kontakless), untuk melindungi informasi kartu Anda dari pencurian.

6. Biaya Tahunan

Beberapa kartu kredit menarik biaya tahunan untuk penggunaannya. Namun, banyak kartu kredit yang menawarkan tanpa biaya tahunan, terutama bagi pemegang kartu yang aktif.

7. Poin Reward dan Cashback

Banyak kartu kredit menawarkan program poin reward atau cashback, di mana Anda dapat mengumpulkan poin atau mendapatkan kembali sebagian dari pembelian Anda sebagai insentif.

8. Transaksi Luar Negeri

Ketika Anda menggunakan kartu kredit Anda di luar negeri, biasanya ada biaya tambahan yang dikenakan untuk konversi mata uang asing atau transaksi internasional.

9. Pembayaran Minimum

Pembayaran minimum pada tagihan kartu kredit Anda biasanya hanya sebagian kecil dari saldo yang terutang. Membayar hanya pembayaran minimum dapat memperpanjang waktu pelunasan dan meningkatkan biaya bunga Anda.

10. Pengaruh terhadap Skor Kredit

Penggunaan kartu kredit Anda dan kebiasaan pembayaran Anda dapat memengaruhi skor kredit Anda. Pembayaran tepat waktu dan utilisasi kredit yang rendah dapat meningkatkan skor kredit Anda, sementara pembayaran telat atau penggunaan kredit yang tinggi dapat merusaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.