10 Fakta Menarik tentang Mayonnaise

Fakta Mayonnaise

Fakta Mayonnaise – Mayonnaise, saus krim yang lezat dan serbaguna, telah menjadi bahan dasar dalam banyak hidangan di seluruh dunia. Di balik kelezatan dan popularitasnya, ada sejumlah hal menarik tentang mayonnaise yang mungkin belum Anda ketahui. Mari kita ungkap sepuluh di antaranya:

10 Fakta Mayonnaise

Baca Juga:

1. Fakta Mayonnaise: Asal Usul yang Kabur

Meskipun ada beberapa teori, asal usul mayonnaise masih diperdebatkan. Salah satunya mengaitkannya dengan kota Mahón di Spanyol, sementara yang lain percaya itu berasal dari Prancis.

2. Bahan Dasar

Mayonnaise terbuat dari campuran telur, minyak, dan cuka atau cairan asam lainnya. Ini adalah kombinasi yang sederhana tetapi memberikan rasa kaya dan krim yang khas.

3. Penggunaan Konservatif

Karena kandungan cuka dan kandungan minyaknya, mayonnaise adalah pengawet alami yang efektif. Sebelum adanya lemari es modern, mayonnaise sering digunakan untuk mempertahankan makanan.

4. Kandungan Nutrisi

Meskipun dianggap sebagai saus berlemak, mayonnaise juga mengandung sejumlah nutrisi. Telur memberikan protein, sementara minyak memberikan lemak sehat dan vitamin E.

5. Varian Internasional

Meskipun mayonnaise mungkin paling sering dihubungkan dengan kultur Barat, ia telah menemukan tempat di banyak kulinari internasional. Misalnya, Jepang memiliki versi mayonnaise yang disebut “Kewpie,” yang lebih kental dan manis.

6. Penggunaan di Kuliner Global

Mayonnaise bukan hanya saus pembungkus sandwich. Di Jepang, misalnya, itu adalah bahan dasar untuk salad kentang Jepang yang populer.

7. Inovasi Rasa

Industri makanan terus bereksperimen dengan rasa mayonnaise. Mulai dari mayonnaise beraroma bawang putih hingga yang pedas, pilihan saat ini tak terbatas.

8. Pembuat Terkenal

Meskipun mayonnaise dapat dibuat di rumah dengan mudah, ada juga merek-merek terkenal seperti Hellmann’s dan Kraft yang mendominasi pasar.

9. Alternatif Vegan

Seiring dengan meningkatnya popularitas gaya hidup vegan, ada juga versi mayonnaise tanpa telur yang terbuat dari bahan-bahan seperti kedelai atau minyak zaitun.

10. Keunikan Daerah

Di berbagai negara, mayonnaise sering kali diberi sentuhan lokal. Misalnya, di Belgia, mayonnaise sering disajikan sebagai saus untuk kentang goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published.