10 Fakta Menarik tentang Sejarah Google

Fakta Sejarah Google

Fakta Sejarah Google – Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar dan paling berpengaruh di dunia, dengan sejarah yang kaya dan penuh dengan hal menarik. Berikut adalah 10 hal menarik tentang sejarah perusahaan Google yang harus Anda ketahui:

10 Fakta Sejarah Google

Baca Juga:

1. Fakta Sejarah Google: Pendirian oleh Mahasiswa Stanford

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral di Universitas Stanford, pada tahun 1998. Awalnya, mereka memulai proyek penelitian yang dikenal sebagai “Backrub” untuk mengukur relevansi halaman web.

2. Nama yang Unik

Nama “Google” berasal dari istilah matematika “googol”, yang merupakan bilangan yang diikuti oleh seratus angka nol. Hal ini mencerminkan misi perusahaan untuk menyediakan akses ke sebanyak mungkin informasi di internet.

3. Perusahaan yang Didirikan di Garasi

Saat awal pendiriannya, Google beroperasi dari garasi teman Sergey Brin di Menlo Park, California. Ini adalah tempat di mana ide-ide awal mereka untuk mesin pencari mulai berkembang.

4. Google.com Diluncurkan

Domain Google.com didaftarkan pada tanggal 15 September 1997, meskipun Google secara resmi diluncurkan sebagai perusahaan pada tanggal 4 September 1998.

5. Pertumbuhan Pesat

Google tumbuh dengan cepat setelah peluncurannya. Pada tahun 1999, Google menerima investasi awal dari Sun Microsystems co-founder, Andy Bechtolsheim, senilai $100.000.

6. IPO yang Mengejutkan

Google meluncurkan penawaran umum perdana (IPO) pada tahun 2004 dengan kode saham “GOOG”. IPO ini menghasilkan pendapatan sebesar $1,67 miliar dan memberikan valuasi pasar lebih dari $23 miliar.

7. Ekspansi Produk dan Akuisisi

Selain mesin pencari, Google telah mengembangkan berbagai produk dan layanan, termasuk Gmail, Google Maps, dan YouTube. Google juga telah mengakuisisi banyak perusahaan terkenal, seperti Android, YouTube, dan Waze.

8. Googleplex

Kantor pusat Google, dikenal sebagai “Googleplex”, terletak di Mountain View, California. Googleplex adalah kompleks perkantoran yang luasnya hampir 3 juta kaki persegi dan menjadi pusat inovasi bagi perusahaan.

9. Alphabet Inc.

Pada tahun 2015, Google mengumumkan restrukturisasi perusahaan dan mendirikan Alphabet Inc. sebagai perusahaan induk. Google menjadi salah satu dari beberapa anak perusahaan di bawah payung Alphabet.

10. Inovasi Terus Menerus

Google terus melakukan inovasi di berbagai bidang, mulai dari kecerdasan buatan hingga mobil otonom. Proyek-proyek seperti Google Brain dan Waymo menunjukkan komitmen perusahaan untuk terus menjadi pemimpin dalam industri teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.