10 Fun Fact Kota Palembang

Fun Fact Kota Palembang – Kalo denger kota Palembang ini pasti deh inget sama iconnya yaitu pempek khas palembang. Selain itu, Kota Palembang juga punya nilai historis yang luar biasa pada masa penjajahan kolonial Belanda di Indonesia. Terus fakta menarik lain dari kota Palembang ini apa ya? Berikut ini 10 fakta menarik kota Palembang, antara lain:

Baca Juga:

10 Fun Fact Kota Palembang:

  1. Palembang adalah kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan, dan merupakan pusat ekonomi, budaya, dan politik Sumatera Selatan.
  2. Benteng Kuto Besak adalah salah satu situs bersejarah terkenal di Palembang. Benteng ini dibangun pada tahun 1780 dan menjadi simbol perjuangan melawan penjajah Belanda.
  3. Palembang terkenal dengan masakan pempek, yang merupakan makanan khas dari daerah ini. Pempek adalah sejenis kue ikan yang biasanya disajikan dengan cuko (saus cuka).
  4. Jembatan Ampera adalah salah satu ikon Palembang yang terkenal. Nama “Ampera” adalah singkatan dari “Amanat Penderitaan Rakyat” yang merupakan lambang perjuangan rakyat Palembang.
  5. Kota Palembang terletak di tepi Sungai Musi yang besar. Sungai ini adalah salah satu jalur transportasi utama di kota ini dan menjadi latar belakang yang indah untuk berbagai acara budaya.
  6. Setiap tahun, Palembang mengadakan Festival Lembah Musi, yang mencakup berbagai acara seni dan budaya, serta pameran produk lokal.
  7. Jembatan Ampera dulu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Meskipun saat ini telah terdapat jembatan-jembatan yang lebih panjang, Ampera tetap menjadi simbol kota.
  8. Palembang adalah salah satu kota yang berhubungan erat dengan Kerajaan Sriwijaya, salah satu kerajaan maritim terbesar di Asia Tenggara pada abad pertengahan. Situs-situs bersejarah yang terkait dengan Sriwijaya dapat ditemukan di sekitar Palembang.
  9. Olahraga tradisional Balap Perahu (Rowing) sangat populer di Palembang. Festival Balap Perahu biasanya diadakan di Sungai Musi dengan peserta dari berbagai daerah.
  10. Palembang adalah pusat industri minyak dan gas di Indonesia. Terdapat banyak kilang minyak di sekitar kota ini, dan Palembang juga menjadi pusat pelatihan dan penelitian sektor ini.

 

Nah, itu dia beberapa fakta menarik tentang Kota Palembang. 

Gimana YOTers, udah pernah berkunjung ke Kota Palembang?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.