10 Fungsi dari Bunga Lawang

Fungsi dari Bunga Lawang – Rempah yang satu ini merupakan salah satu rempah wajib untuk masakan dengan citarasa yang medhok. Bunga Lawang kerap kali ditemukan dalam hidangan khas Indonesia, seperti sup iga. Namun, dibalik itu semua, ternyata Bunga Lawang Punya banyak fungsi lho, antara lain:

Baca Juga:

10 Fungsi dari Bunga Lawang:

  1. Bunga lawang mengandung senyawa antioksidan seperti eugenol, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 
  2. Eugenol juga memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik (pereda nyeri), sehingga dapat membantu meredakan peradangan dan nyeri tubuh.
  3. Bunga lawang telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan gangguan pencernaan seperti mual, muntah, dan diare. 
  4. Eugenol adalah bahan yang umum digunakan dalam odontologi karena sifat analgesiknya. Ini sering digunakan untuk mengobati nyeri gigi dan masalah mulut.
  5. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa eugenol dalam bunga lawang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah.
  6. Bunga lawang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Ini dapat membantu dalam melawan infeksi dan menjaga kesehatan umum tubuh.
  7. Bunga lawang dapat membantu meredakan batuk dan masalah pernapasan seperti pilek dan bronkitis. 
  8. Bunga lawang sering digunakan dalam industri makanan dan minuman untuk memberikan aroma dan rasa yang khas. Ini digunakan dalam hidangan seperti kari, sup, dan berbagai kue dan minuman.
  9. Minyak esensial bunga lawang, yang mengandung eugenol, digunakan sebagai pengawet alami dalam makanan dan produk kosmetik.
  10. Beberapa produk perawatan kulit mengandung ekstrak bunga lawang karena sifat antioksidannya yang dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan melawan penuaan dini.

 

Nah, itu dia fungsi dari bunga lawang untuk kehidupan sehari-hari. Selain sebagai makanan yang sehat. Ternyata, bunga lawang Punya banyak sekali fungsi lain ya. 

Gimana YOTers, suka masakan olahan yang berasal dari Bunga Lawang, nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.