10 Fungsi Utama Data Analyst

Fungsi Data Analyst

Fungsi Data Analyst – Data analyst memiliki peran sentral dalam mengelola dan mengolah data untuk mendukung keputusan bisnis. Berikut adalah 10 tugas penting yang diemban oleh seorang data analyst:

10 Fungsi Data Analyst

Baca Juga:

1. Fungsi Data Analyst: Menganalisis Kinerja Bisnis

Data analyst bertugas untuk menganalisis kinerja bisnis dengan mengevaluasi metrik dan KPI. Hal ini membantu perusahaan memahami pencapaian tujuan strategis mereka.

2. Pengumpulan dan Pemrosesan Data

Data analyst mengumpulkan data dari berbagai sumber dan melakukan pemrosesan untuk memastikan data bersih dan dapat diandalkan.

3. Mengidentifikasi Tren dan Pola

Dengan kemampuan analisis statistik, data analyst membantu perusahaan mengidentifikasi tren dan pola dalam data, memberikan wawasan tentang dinamika pasar atau perubahan perilaku pelanggan.

4. Membangun Model Prediktif

Seorang data analyst menggunakan algoritma dan teknik statistik untuk membangun model prediktif, membantu perusahaan meramalkan hasil masa depan dan mengidentifikasi peluang atau risiko.

5. Pembuatan Laporan Analisis

Data analyst menyusun laporan analisis yang memuat temuan mereka, memvisualisasikan data, dan memberikan rekomendasi kepada manajemen.

6. Pengelolaan dan Pemeliharaan Database

Memastikan keberlanjutan dan kualitas database adalah tanggung jawab data analyst, yang membantu menjaga integritas data perusahaan.

7. Mengembangkan Alat Analisis Data

Data analyst terlibat dalam mengembangkan atau memilih alat analisis data yang sesuai untuk kebutuhan perusahaan, memastikan efisiensi dalam pengelolaan data.

8. Pemahaman Pemakai Data

Data analyst harus memahami kebutuhan pemakai data internal dan eksternal perusahaan, membantu mereka mendapatkan informasi yang relevan dan bermanfaat.

9. Konsultasi dengan Pemangku Kepentingan

Dalam proses analisis data, data analyst bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memahami tujuan bisnis dan menghasilkan hasil yang sesuai.

10. Menerapkan Strategi Pengambilan Keputusan

Data analyst mendukung strategi pengambilan keputusan dengan memberikan informasi dan wawasan yang mendalam, memungkinkan manajemen membuat keputusan yang lebih terinformasi.

Dengan peran tersebut, data analyst bukan hanya membantu perusahaan memahami kondisi terkini, tetapi juga menjadi pemain kunci dalam membimbing transformasi bisnis yang data-driven dan adaptif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.