10 Hal Unik yang Ada di Aceh

Hal Unik yang Ada di Aceh – Kalo denger Aceh ini pasti deh inget sama julukannya yaitu Serambi Mekkah. Selain itu, Kota Aceh juga punya nilai historis yang luar biasa bagi Indonesia. Terus fakta menarik lain dari kota Aceh ini apa ya? Berikut ini 10 fakta menarik kota Aceh, antara lain:

Baca Juga:

10 Hal Unik yang Ada di Aceh:

  1. Kopi Gayo yang Nikmat: Aceh dikenal dengan kopi Gayo yang lezat. Kopi ini memiliki cita rasa khas dan banyak menjadi favorit para pecinta kopi.
  2. Pulau Sabang, Ujung Indonesia: Pulau Weh di Sabang adalah pulau terluar Indonesia, dan menjadi tempat favorit bagi penyelam dan pecinta alam bawah laut.
  3. Warisan Gampong di Banda Aceh: Gampong adalah nama untuk desa atau komunitas di Aceh. Banda Aceh memiliki warisan gampong dengan arsitektur tradisional yang indah.
  4. Masjid Raya Baiturrahman yang Megah: Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh adalah salah satu masjid tertua dan paling megah di Indonesia, menjadi ikon provinsi ini.
  5. Tari Saman yang Dinamis: Tari Saman adalah tarian tradisional Aceh yang penuh energi dan dinamis. Gerakan yang sinkron menunjukkan kekompakan dan kebersamaan masyarakat Aceh.
  6. Pantai Lampuuk yang Menawan: Pantai Lampuuk di Banda Aceh menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah. Cocok untuk bersantai atau menikmati aktivitas air.
  7. Gunung Leuser, Rumah Orangutan: Bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh menjadi rumah bagi orangutan dan berbagai spesies satwa liar lainnya.
  8. Pulau Banyak untuk Wisata Bahari: Pulau Banyak di Aceh Singkil adalah destinasi wisata bahari dengan pantai berpasir putih, terumbu karang, dan kehidupan laut yang beragam.
  9. Kuliner Kupi Tarek yang Hangat: Kupi Tarek adalah minuman kopi khas Aceh yang disajikan dengan cara unik, yaitu dicairkan dengan cara ditarik-tarik.
  10. Monumen Tsunami Aceh yang Mengharukan: Monumen Tsunami Aceh di Banda Aceh memperingati peristiwa gempa dan tsunami 2004. Monumen ini menjadi simbol kekuatan dan perlawanan masyarakat Aceh.

 

Gimana YOTers, udah pernah berkunjung ke Aceh, sebelumnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.