10 Istilah Psikologi yang Menggambarkan Perasaan yang Sulit Dijelaskan

Istilah psikologi

Manusia bisa merasakan berbagai macam perasaaan. Baik itu sedih, senang, kesal, dan sebagainya. Namun, terkadang kita juga bingung untuk menjelaskan apa yang kita rasakan. Hal-hal ini dapat dijelaskan secara ilmiah dengan istilah psikologi.

Dilansir dari psyline.id ini dia 10 istilah psikologi yang menggambarkan perasaanmu. Penasaran kan apa saja? Simak ulasan selengkapnya, yuk!

 

10 Istilah Psikologi yang Menggambarkan Perasaan

1. Altschmerz

Sebutan ini untuk kamu yang khawatir akan hal yang sama terus-menerus sampai membuatmu tidak tertarik lagi akan hal tersebut. Tapi, kamu tetap saja mengkhawatirkan hal itu.

 

2. Adronitis

Adronitis adalah perasaan frustasi yang dirasakan individu karena kesulitan menjalin suatu hubungan pertemanan yang baru.

 

3. Exulansis

Jika merujuk pada buku The Dictionary of Obscure Sorrows, Exulansis merupakan suatu kecenderungan untuk menghentikan pembicaraan karena lawan bicaranya tidak memahami apa yang sedang dibicarakan. Emosi yang satu ini akan menggiring kamu untuk memilih topik lain supaya sama-sama bisa dimengerti oleh lawan bicara.

 

4. Kuebiko

Ketika kamu jengkel dan kesal atas sebuah kejahatan yang terjadi di dunia, namun tidak dapat berbuat apa-apa dan berujung membuatmu putus asa bahkan frustasi itulah yang disebut kuebiko.

 

Rekomendasi Buat Kamu Baca

 

5. Jouska

Melansir dari laman Cinergy Coaching, istilah jouska diartikan sebagai sebuah emosi dalam diri seseorang. Jouska dikategorikan dalam 10 emosi aneh yang pernah dialami oleh manusia. Jouska juga memiliki arti sebuah percakapan hipotesis yang diucapkan secara berulang kali dengan diri sendiri

 

6. Liberosis

Dalam ilmu psikologi, liberosis merupakan istilah yang menggambarkan sifat dengan tidak lagi terlalu mengkhawatirkan berbagai hal. Artinya, seseorang yang mengalami liberosis biasanya tak lagi memperdulikan semua hal termasuk hidupnya.

 

7. Lachesism

Lachesism adalah sebutan untuk kamu yang ingin merasakan selamat dari maut, seperti tenggelamnya kapal di lautan bebas ataupun kecelakaan di darat dan di udara.

 

Rekomendasi Buat Kamu Baca

 

8. Occhiollism

Kesadaran akan sempitnya perspektif yang dimiliki, sehingga tidak bisa menarik kesimpulan yang berarti sama sekali. Seperti bagaimana cara seseorang memandang dunia, masa lalu, dan kompleksitas budaya.

 

9. Ruckkehrunrunhe

Rasa senang yang tidak terungkap saat dapat pulang ke kampung halaman. Biasanya perasaan ini akan dirasakan oleh para anak rantau.

 

10. Vellichor

Vellichor adalah sebutan untuk seseorang yang apabila dia terbawa hanyut oleh suasana atau ikut merasakan dari sebuah tulisan yang sedang dibacanya. Baik itu perasaan gembira, sedih, atau rasa takut.

 

Butuh Inspirasi?

Jika kamu ingin mendapatkan informasi dan motivasi lainnya, bisa kunjungi konten tentang self development, tips karir, dan masih banyak lagi hanya di Youtube Young On Top di bawah ini.