10 Kandungan Hebat di dalam Telur Puyuh

Kandungan Telur Puyuh

Kandungan Telur Puyuh РTelur puyuh, meski kecil, menjadi sumber nutrisi yang luar biasa dan menyimpan berbagai senyawa penting bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah 10 nutrisi yang membuat telur puyuh menjadi pilihan makanan yang berharga:

10 Kandungan Telur Puyuh

Baca Juga:

1. Kandungan Telur Puyuh: Protein Berkualitas Tinggi

Telur puyuh kaya akan protein yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein ini juga membantu dalam pembentukan enzim dan hormon.

2. Vitamin B Kompleks

Telur puyuh menyediakan vitamin B kompleks seperti B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), dan B12. Vitamin ini mendukung metabolisme energi dan fungsi sistem saraf.

3. Vitamin A

Telur puyuh mengandung vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.

4. Zat Besi

Nutrisi zat besi dalam telur puyuh membantu transportasi oksigen dalam darah, mencegah anemia, dan mendukung pertumbuhan sel.

5. Fosfor

Telur puyuh mengandung fosfor, mineral penting yang berperan dalam pembentukan tulang dan gigi, serta mendukung fungsi ginjal dan saraf.

6. Selenium

Nutrisi selenium dalam telur puyuh adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh.

7. Asam Lemak Omega-3

Telur puyuh mengandung asam lemak omega-3, membantu menjaga kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf.

8. Vitamin D

Vitamin D dalam telur puyuh mendukung penyerapan kalsium, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta berperan penting dalam fungsi sistem kekebalan tubuh.

9. Folate (Asam Folat)

Nutrisi folate dalam telur puyuh mendukung perkembangan janin selama kehamilan dan membantu dalam pembentukan DNA.

10. Kolin

Telur puyuh mengandung kolin, nutrisi yang penting untuk fungsi otak, metabolisme lemak, dan perkembangan sel.

Meskipun ukurannya kecil, telur puyuh menyajikan paket nutrisi yang kuat. Dengan memasukkan telur puyuh ke dalam diet seimbang, kita dapat meningkatkan asupan nutrisi yang esensial bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.