10 Kasus Cyber Crime yang Menonjol

Kasus Cyber Crime

Kasus Cyber Crime – Era Industri 4.0, dengan perkembangan teknologi canggih, telah memberikan panggung bagi berbagai kasus kejahatan siber yang merugikan. Berikut adalah 10 contoh kejahatan cyber crime yang mencolok di era ini:

10 Kasus Cyber Crime

Baca Juga:

1. Kasus Cyber Crime: Serangan Ransomware WannaCry (2017)

WannaCry menyebar dengan cepat dan mengenkripsi data pada ribuan perangkat, meminta pembayaran tebusan dalam bentuk Bitcoin. Serangan ini menyebabkan kerugian besar di seluruh dunia.

2. Serangan Target (2013

Jaringan ritel Target menjadi sasaran serangan di mana data kartu kredit dan informasi pribadi lebih dari 40 juta pelanggan dicuri. Kejadian ini mengguncang kepercayaan konsumen terhadap keamanan data.

3. Serangan Equifax (2017)

Data kredit pribadi lebih dari 147 juta orang terekspos ketika Equifax menjadi korban serangan. Informasi pribadi yang dicuri termasuk nama, alamat, dan nomor Sosial Security.

4. Serangan NotPetya (2017)

Serangan ini menyebabkan kerugian signifikan pada perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia. Merupakan jenis ransomware, NotPetya berfokus pada merusak sistem daripada meminta tebusan.

5. Serangan SolarWinds (2020)

Perangkat lunak manajemen jaringan SolarWinds disusupi, memungkinkan penjahat siber mendapatkan akses ke berbagai lembaga pemerintah dan perusahaan swasta. Ini menjadi salah satu serangan yang paling canggih dan signifikan.

6. Serangan Cambridge Analytica (2018)

Perusahaan ini memanfaatkan data Facebook tanpa izin untuk mempengaruhi hasil pemilihan dan opini publik. Ini mengguncang keyakinan terhadap privasi data di media sosial.

7. Serangan Sony Pictures (2014)

Grup hacker yang terkait dengan Korea Utara menyerang Sony Pictures, mengakibatkan kebocoran email, skrip film, dan data sensitif lainnya sebagai tanggapan terhadap film “The Interview.”

8. Serangan Stuxnet (2010)

Stuxnet adalah serangan cyber yang dirancang untuk merusak infrastruktur nuklir Iran. Serangan ini dianggap sebagai senjata siber pertama yang digunakan untuk merusak fisik.

9. Serangan Yahoo (2013-2014)

Data pribadi lebih dari 3 miliar pengguna Yahoo dicuri, termasuk nama, alamat email, dan kata sandi. Kejadian ini menjadi salah satu pelanggaran keamanan data terbesar dalam sejarah.

10. Serangan Mirai (2016)

Mirai memanfaatkan perangkat IoT yang tidak aman untuk meluncurkan serangan DDoS, menyebabkan gangguan besar pada layanan internet. Serangan ini menggarisbawahi kerentanan keamanan IoT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.