10 Kelebihan Daun Ketumbar untuk Kesehatan

Kelebihan Daun Ketumbar – Kalo ibu lagi masak di dapur, sering deh liat Daun Ketumbar. Kadang dimasak jadi sayur sop, kadang di jus, atau bahkan dimakan mentah. Selain itu, Daun Ketumbar punya rasa dan tekstur yang khas untuk masakan. Nah, kira-kira kelebihannya untuk tubuh, apa ya? Sini minYOT spill kelebihan dari Daun Ketumbar, antara lain:

Baca Juga:

10 Kelebihan Daun Ketumbar untuk Kesehatan:

  1. Daun ketumbar mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan asam fenolik, yang membantu melawan kerusakan sel oleh radikal bebas. 
  2. Senyawa dalam daun ketumbar juga memiliki sifat anti inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
  3. Daun ketumbar mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks (seperti folat), kalsium, kalium, dan zat besi.
  4. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun ketumbar dapat membantu mengatur kadar gula darah, yang berkelebihan bagi penderita diabetes.
  5. Kandungan vitamin A dalam daun ketumbar mendukung kesehatan mata dan penglihatan yang baik.
  6. Daun ketumbar memiliki rasa unik yang menyegarkan dan sedikit pedas. Ini sering digunakan sebagai bumbu dalam berbagai hidangan untuk meningkatkan citarasa.
  7. Daun ketumbar mengandung senyawa aktif seperti cineole dan linoleat, yang memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.
  8. Beberapa penelitian praklinis menunjukkan bahwa ekstrak daun ketumbar dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  9. Daun ketumbar telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan seperti gas, perut kembung, dan diare.
  10. Dapat diolah menjadi berbagai bentuk masakan, seperti segar dalam salad, sebagai bumbu dalam masakan, atau dalam bentuk ekstrak dan suplemen.

 

Nah, itu dia kelebihan dari daun ketumbar di dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai masakan rumahan. Ternyata, daun ketumbar punya banyak sekali kelebihan lain ya. 

Gimana YOTers, pernah cobain hidangan dari daun ketumbar, apa?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.