10 Kelebihan Jamur Shitake untuk Kesehatan

Kelebihan Jamur Shitake – Kalo lagi ke resto atau rumah makan di resto Jepang gitu, sering deh liat menu makanan pakai jamur shitake! Udah gitu tampilannya menarik banget. Kira-kira jamur shitake baik untuk kesehatan, nggak ya? Eits jangan penasaran lagi YOTers! caviar tuh punya banyak kelebihan lho, antara lain:

Baca Juga:

10 Kelebihan Jamur Shitake untuk Kesehatan:

  1. Jamur shiitake adalah sumber nutrisi yang baik. Mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral penting, termasuk vitamin B, vitamin D, selenium, zat besi, dan folat.
  2. Shiitake mengandung senyawa bioaktif seperti beta-glukan, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.
  3. Shiitake merupakan salah satu sumber makanan alami vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Terutama jika jamur ini terkena sinar matahari sebelum dipanen, kandungan vitamin D dapat meningkat.
  4. Shiitake mengandung senyawa antioksidan, seperti ergothioneine, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini bisa membantu melawan penuaan dini dan berbagai penyakit.
  5. Shiitake mengandung senyawa eritadenin, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dengan menghambat produksi kolesterol di hati.
  6. Kandungan karbohidrat dalam shiitake menyediakan energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari.
  7. Shiitake mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan untuk membangun protein dalam tubuh.
  8. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jamur shiitake dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengendalikan tekanan darah dan kadar kolesterol.
  9. Shiitake mengandung senyawa seperti lentinan dan AHCC yang telah dikaitkan dengan potensi antikanker dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan kanker.
  10. Shiitake adalah makanan rendah kalori yang dapat menjadi alternatif sehat untuk daging dalam diet, sehingga dapat membantu dalam manajemen berat badan.

Nah, itu dia kelebihan dari jamur shitake untuk kehidupan sehari-hari. Ternyata, makanan yang satu ini punya banyak sekali kelebihan lain ya. 

Gimana YOTers, suka konsumsi jamur shitake, nggak?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.