10 Kelebihan Ketan Hitam untuk Kesehatan

Kelebihan Ketan Hitam  – Bahan masakan yang satu ini merupakan salah satu tanaman yang digunakan untuk bahan masakan. Ketan hitam  kerap kali ditemukan dalam hidangan khas Indonesia, bubur ketan hitam. Namun, dibalik itu semua, ternyata ketan hitam  Punya banyak kelebihan lho, antara lain:

Baca Juga:

10 Kelebihan Ketan Hitam untuk Kesehatan:

  1. Ketan hitam mengandung antioksidan kuat, terutama antosianin, yang memberikan warna hitam pada beras ini. 
  2. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.
  3. Konsumsi ketan hitam dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Antosianin dalam ketan hitam dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan mengendalikan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).
  4. Ketan hitam mengandung serat makanan, yang membantu dalam menjaga pencernaan yang sehat, mencegah sembelit, dan menjaga pergerakan usus yang lancar.
  5. Karbohidrat dalam ketan hitam adalah karbohidrat kompleks, yang memberikan energi yang tahan lama. Ini dapat membantu menjaga stabilitas kadar gula darah.
  6. Ketan hitam mengandung beberapa vitamin dan mineral penting seperti vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), magnesium, fosfor, dan zat besi.
  7. Ketan hitam adalah alternatif yang baik bagi orang yang memiliki intoleransi gluten atau penyakit celiac, karena beras ini bebas gluten.
  8. Konsumsi karbohidrat kompleks seperti ketan hitam dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.
  9. Ketan hitam dapat digunakan dalam berbagai hidangan, seperti bubur, kue, sushi, dan makanan penutup. 
  10. Ketan hitam memiliki rasa yang berbeda dan lebih manis dibandingkan dengan beras putih biasa, memberikan variasi rasa pada hidangan.

 

Nah, itu dia kelebihan dari ketan hitam  untuk kehidupan sehari-hari. Selain sebagai makanan yang sehat. Ternyata, ketan hitam  Punya banyak sekali kelebihan lain ya. 

Gimana YOTers, suka masakan olahan yang berasal dari ketan hitam , nggak?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.