10 Makanan Bagus untuk Ibu Hamil

Makanan Bagus untuk Ibu Hamil – Saat ibu sedang hamil, rasanya ingin makan semua makanan favorit atau cobain yang lagi viral di sosial media. Tapi apakah nutrisinya baik untuk si dede bayi? Hamil adalah kondisi yang rentan sehingga perlu banget untuk menjaga kondisi Ibu tetap baik dan prima. Untuk itu, minYOT ada rekomendasi makanan yang baik untuk Ibu hamil:

Baca Juga:

10 Makanan Bagus untuk Ibu Hamil:

  1. Buah dan Sayuran: Buah-buahan segar seperti apel, pisang, jeruk, stroberi, dan alpukat mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kubis, dan kangkung kaya akan folat, zat besi, kalsium, dan serat.
  2. Biji-Bijian Utuh: Biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum utuh, kacang almond, kacang tanah, dan kacang hitam dan quinoa mengandung serat, vitamin B kompleks, zat besi, dan magnesium yang penting untuk energi dan pencernaan yang sehat.
  3. Protein: Daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, tahu, dan tempe adalah sumber protein yang baik. Protein membantu dalam pembentukan jaringan tubuh bayi.
  4. Produk Susu: Produk susu seperti susu rendah lemak, yoghurt, dan keju mengandung kalsium dan vitamin D yang penting untuk perkembangan tulang bayi.
  5. Asam Folat: sangat penting dalam tahap awal kehamilan untuk mencegah cacat lahir. Makanan yang mengandung asam folat termasuk bayam, brokoli, jeruk, kacang hitam, kacang kedelai, dan roti gandum utuh.
  6. Zat Besi: Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia selama kehamilan. Makanan yang kaya zat besi termasuk daging merah, ayam, ikan, telur, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan.
  7. Ikan:  sumber asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak bayi. Namun, beberapa ikan dapat mengandung tingkat merkuri yang tinggi. Pilih ikan yang rendah dalam merkuri seperti salmon, tuna, dan ikan trout pelangi.
  8. Air: Penting untuk tetap terhidrasi selama kehamilan. Minum air sepanjang hari sangat dianjurkan.
  9. Hindari Makanan Berisiko: Hindari makanan mentah atau setengah matang seperti daging mentah, telur mentah, dan produk susu yang tidak dipasteurisasi.
  10. Alkohol : Hindari alkohol dan merokok selama kehamilan.

Nah, itu dia beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk Ibu Hamil, YOTers! 

Leave a Reply

Your email address will not be published.