10 Makanan Bagus untuk Penderita Sinusitis

Makanan Bagus untuk Penderita Sinusitis – Saat Sinusitis kambuh, rasanya hidung dan tenggorokan nggak enak banget, aktivitas jadi terganggu, deh.  Hal ini menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang mengganggu. Untuk itu, minYOT ada rekomendasi makanan yang baik untuk Penderita Sinusitis:

Baca Juga:

10 Makanan Bagus untuk Penderita Sinusitis:

  1. Kaya Antioksidan: Antioksidan membantu melawan peradangan dan infeksi. Makan makanan seperti buah-buahan beri, jeruk, anggur, brokoli, wortel, dan tomat.
  2. Bawang Putih dan Bawang Merah: mengandung senyawa yang disebut allicin, yang memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi dapat membantu meredakan infeksi sinus.
  3. Jahe: dapat membantu mengatasi gejala sinusitis seperti hidung tersumbat. Dapat diolah menjadi  teh jahe atau menambahkannya ke makanan.
  4. Kurkumin (Kunyit): Kunyit mengandung senyawa bernama kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba. 
  5. Minuman Hangat: Minuman hangat seperti teh herbal, kaldu ayam, atau air hangat dengan madu dan lemon dapat membantu melegakan saluran pernapasan.
  6. Makanan Pedas: Makanan pedas seperti cabai merah atau saus cabai dapat membantu membuka saluran pernapasan dan meredakan hidung tersumbat. 
  7. Berserat Tinggi: Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat dan dapat mengurangi tekanan pada sinus. Makanan berserat tinggi seperti biji-bijan, buah-buahan dan sayuran.
  8. Protein: Protein membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pilih sumber protein sehat seperti ikan, daging tanpa lemak, telur, dan produk susu rendah lemak.
  9. Minuman Banyak: Penting untuk tetap terhidrasi dengan baik, terutama ketika kamu mengalami sinusitis. Minum air dapat membantu membersihkan saluran pernapasan.
  10. Hindari Pemicu Alergi: Jika sinusitis kamu berkaitan dengan alergi, hindari makanan yang bisa memperburuk alergi, seperti susu, kacang-kacangan, dan makanan laut.

 

Nah, itu dia beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita sinusitis, YOTers! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.