10 Ragam Makanan untuk Penderita Asam Urat

Ragam Makanan untuk Penderita Asam Urat – Saat asam urat kambuh, rasanya badan pegal linu dan bengkak, aktivitas jadi terganggu, deh. Asam urat terbentuk karena tubuh menghasilkan asam urat yang mengendap karena proses pengeluarannya terhambat. Hal ini menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang mengganggu. Untuk itu, minYOT ada rekomendasi makanan yang baik untuk Penderita Asam Urat:

Baca Juga:

10 Ragam Makanan untuk Penderita Asam Urat:

  1. Air Putih: Minum banyak air putih adalah langkah penting dalam mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Air membantu mengencerkan asam urat dan membantu dalam pengeluarannya melalui urine.
  2. Buah-buahan: Buah-buahan seperti ceri, buah berry (raspberry, blueberry, strawberry), dan ceri hitam telah dikaitkan dengan penurunan kadar asam urat dalam beberapa penelitian. 
  3. Sayuran Hijau: Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli rendah purin dan tinggi dalam serat. Mereka bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita asam urat.
  4. Kentang: sumber karbohidrat yang baik dan rendah purin, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.
  5. Susu Rendah Lemak: Susu rendah lemak, yogurt, dan keju rendah lemak mengandung protein tinggi kualitas dan dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat.
  6. Karbohidrat Sehat: Makanan seperti roti gandum utuh, sereal oatmeal, dan beras merah adalah pilihan karbohidrat sehat yang dapat membantu mengontrol asam urat.
  7. Lemak Sehat: Lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan mengandung anti inflamasi alami yang dapat membantu meredakan peradangan.
  8. Minuman Rendah Gula: Hindari minuman beralkohol, terutama bir dan minuman manis bersoda, karena alkohol dapat meningkatkan produksi asam urat. 
  9. Makanan Rendah Purin: Hindari makanan tinggi purin, seperti daging merah, makanan laut (seperti sarden, ikan teri, dan kerang), daging organ (seperti hati dan ginjal), dan makanan berlemak. Juga, batasi konsumsi daging olahan seperti sosis dan bacon.
  10. Alkohol Dibatasi: Konsumsi alkohol harus dibatasi atau dihindari sepenuhnya karena dapat memicu serangan asam urat.

 

Nah, itu dia beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk penderita asam urat, YOTers! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.