10 Tanggung Jawab Utama Marketing Analyst

Tanggung Jawab Marketing Analyst

Tanggung Jawab Marketing Analyst – Marketing Analyst memiliki peran sentral dalam membimbing strategi pemasaran perusahaan dengan menggali dan menganalisis data. Berikut adalah 10 tugas utama yang diemban oleh seorang Marketing Analyst:

10 Tanggung Jawab Marketing Analyst

Baca Juga:

1. Tanggung Jawab Marketing Analyst: Menganalisis Kinerja Kampanye

Marketing Analyst bertugas untuk menganalisis kinerja kampanye pemasaran, mengevaluasi metrik seperti CTR, konversi, dan ROI untuk menilai efektivitasnya.

2. Pemahaman Mendalam tentang Data

Mereka bertanggung jawab untuk mengumpulkan, membersihkan, dan menganalisis data secara mendalam, memberikan wawasan yang mendukung pengambilan keputusan.

3. Merancang dan Menerapkan Survei

Dalam upaya memahami pasar dan konsumen, Marketing Analyst merancang dan menerapkan survei untuk mendapatkan data langsung dari audiens target.

4. Membangun Model Analitis

Pemanfaatan teknik analitis untuk membangun model prediktif, memproyeksikan tren masa depan, dan mengidentifikasi peluang atau risiko bisnis.

5. Raportasi dan Presentasi

Membuat laporan analisis yang mudah dimengerti dan menyajikannya kepada tim manajemen atau pihak terkait untuk mendukung pengambilan keputusan.

6. Pemahaman Pasar dan Persaingan

Melakukan riset pasar untuk memahami tren industri, perilaku konsumen, dan strategi pesaing, memberikan pandangan komprehensif untuk mendukung strategi pemasaran.

7. Keterampilan Penggunaan Alat Analisis Data

Memanfaatkan alat-alat analisis data seperti Excel, Google Analytics, atau perangkat lunak statistik lainnya untuk mengolah dan menyajikan data dengan efektif.

8. Optimasi Strategi Pemasaran

Marketing Analyst terlibat dalam memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan strategi pemasaran, berdasarkan temuan analisis dan tren pasar.

9. Pemantauan Tren Digital

Tetap mengikuti tren dan inovasi di dunia digital dan pemasaran, memastikan strategi selalu relevan dengan perkembangan terbaru.

10. Kolaborasi dengan Tim

Bekerjasama dengan tim pemasaran, data scientist, dan tim lainnya untuk menyusun strategi yang terintegrasi dan mendukung tujuan bisnis.

Dengan memainkan peran ini, seorang Marketing Analyst menjadi tulang punggung dalam memastikan keputusan pemasaran didasarkan pada data yang akurat dan mendalam, membantu perusahaan mencapai kesuksesan dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.